Pengelolaan Diri

            Perubahan dalam diri seseorang ditentukan oleh dirinya sendiri atau dengan bantuan orang lain, tapi tetap saja faktor utama adalah pribadi orang itu sendiri dan faktor pendukungnya adalah orang lain.

            Untuk membuat diri sendiri berubah menjadi yang lebih baik sebaiknya seseorang harus mempunyai komitmen pada diri sendiri. Mengkomitmenkan diri sendiri juga sangat tidak mudah banyak sekali godaan-godaan dari luar.

Oleh karena itu dalam diri sesorang diperlukan pengelolaan dalam diri sendiri. Karena memang perbahan dalam diri sendiri diperlukan agar suatu saat kita semua dapat merubah orang lain. Kita tidak dapat meminta seseorang memperbaiki diri jika diri kita sendiri tidak mau berubah.

Perubahan dalam diri sendiri dapat kita dengan beberapa cara. Antaranya yaitu :

  1. mengenali diri sendiri terlebih dahulu agar lebih mudah dalam merubah apa yang ingin kita rubah dalam diri kita.
  2. minta bantuan kepada orang lain yang bisa membantu agar lebih mudah kita melakukan perbahan.
  3. mempunyai komitmen yang besar pada diri sendiri. Jangan setengah-setangah, agar benar-benar dapat berjalan dengan baik perubahan itu.
  4. lakukan perubahan atas kemauan sendiri. karena semua itu untuk diri kita sendiri bukan untuk orang lain. Pengaruh perubahan itu memang akan mempengaruhi diri orang lain.

Dari semua yang disebutkan diatas sebenarnya hanya satu faktor yang paling penting yaitu komitmen pada diri kita sendiri untuk melakukan perubahan tersebut. Karena jika kita mempunyai komitmen yang besar pada diri kita akan mudah sekali perubahan itu dapat terjadi. Memang sangat besar pengaruh lingkungan dalam perubahan diri sendiri. tanpa kita sadari bahwa lingkungan terkadang membawa dampak positif atau negatif, karena lingkungan yang baik itu akan menjadi faktor yang sangat mendukung dalam perubahan diri untuk menjadi yang lebih baik. Karena bagaimanapun yang mampu untuk mengelola diri kita sendiri adalah jiwa kita bukan jiwa orang lain. tetapi dukungan dari oarang lain akan jadi salah satu faktor pendukung.

Jika kita ingin melakukan perubahan sebaiknya kita melakukannya di lingkungan yang benar-benar mendukung perubahan tersebut. Agar dapat ada selalu ada yang mengingatkan ketika kita sudah mulai jenuh melakukan perupahan positif. Dan selalu berfikiran positif karena perubahan itu untung kepentingan diri kita sendiri bukan untunk orang lain.

Dalam melakukan perubahan itu juga jangan lupa sekali kita minta bantuan kepada ALLAh dalam melakukannya karena bagaimanapun, perubahan itu dapat terjadi karena izin ALLAH. Tetap[i sesungguhnya ALLAH selalu membantu ummatnya, oleh karena itu kta harus selalu yakin bahwa ALLAH ada di samping kita dalam melakukan perubahan itu.

Perubahan akan berdampak sangat positif. Karena bagaimanapun perubahan itu akan sangat berpengaruh buat diri kita pribadi.

One thought on “Pengelolaan Diri

  1. dari sini saya biza lbiH tw gE kekurang qT…………Q Terlalu terus mengalah pada knyata-n n kurang tegas dalam pndirian… q kan coba mpE q bzA M-hendeL smw.y……. thanks to ALL!111

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s