Trik2 Menulis

21 April 2007 lalu, aku diajak temenku untuk ikut Workshop yang di selenggarai oleh MHMMD (Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan) di Univ.Paramadina. Tema yang diangkat adalah “Menggagas Peran Strategis Perempuan Perkotaan, Bedah Peta Hidup Tokoh Perempuan Indonesia”, nara sumbernya adalah Marwah Daud Ibrahim, Ratih Sanggarwati, dan Helvy Tiana Rosa.

Dalam workshop itu aku mendapatkan banyak ilmu karena para nara sumber menuturkan semua pengalaman hidup yang mereka lalui. Salah satu nara sumber yang membuatku kagum adalah Helvy Tiana Rosa. Mbak Helvy adalah seorang penulis buku dan dosen di Universitas Negeri Jakarta. Buku yang sudah diterbitkannya ada 40 buku. Selain penulis dan dosen, Mbak Helvy juga pendiri Teater Bening dan Forum Lingkar Pena, pernah penjabat sebagai Pimpinan Redaksi Majalah Annida.

Sebagai seorang menulis Mbak Helvy memberikan trik-triknya menjadi seorang penulis. Pertama: jadikan menulis kebiasaan, seperti gosok gigi, ketika kita tidak gosok gigi maka kita merasa tidak enak. Seperti itupun juga jika kita terbiasa menulis maka kita akan merasa ada yang kurang jika kita tidak menulis.

Kedua: latihan yang banyak, latihan menulis dimulai dengan menulis buku harian atau kita menulis apa saja minimal satu paragraf per hari.

Ketiga: jika ingin jadi penulis maka menulislah, ibarat kita melihat orang yang pandai kung fu selama 20 tahun kita hanya melihat saja tanpa latihan maka kita tidak akan jadi ahli kung fu. Begitu juga dengan menulis, jika ingin jadi menulis kita tidak hanya melihat penulis dan kagum saja. Tapi kita harus mempraktekkannya dan latihan.

Keempat: menulis harus bisa dimengerti oleh diri kita sendiri dan juga orang lain.

Kelima: kualitas dan produktif. Tulisan yang kita buat harus berkulitas dan juga sebagai penulis kita harus produktif.

Keenam: menulis adalah salah satu bentuk terapi. Ketika merasa sedih, gembira, ingin melakukan sesuatu atau mengungkapkannya, kita bisa menuangkan semua itu dalam tulisan. Membuat hati menjadi tenang.

Selain itu, Mbak Helvy mengatakan “menulis bagi saya adalah perjuangan menyampaikan sesuatu, melawan kezaliman dan ketidakadilan.

Apa yang diungkapkan Mbak Helvy ini menambah motivasi ku untuk terus berlatih menulis. Karena sesungguhnya setiap orang bisa menjadi penulis. Jadi mulailah menulis dari sekarang. SELAMAT BERLATIH.

3 thoughts on “Trik2 Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s