Kegemukan

Selama ini, yang saya ketahui penyebab kegemukan adalah dikarenakan banyak makan, ngemil dan faktor keturunan. Ternyata ada beberapa faktor lain penyebab kegemukan. Ada delapan faktor yang berhasil diidentifikasi para ahli sebagai faktor penyebab kegemukan (http://www.hanyawanita.com/_health/article) adalah:

  • Kegemukan pada orangtua
  • Berat badan saat lahir
  • Pada usia tiga tahun, menghabiskan 8 jam seminggu untuk menonton televisi
  • Pertambahan berat badan yang cepat hingga anak berusia dua tahun
  • Pertambahan berat badan yang cepat pada tahun pertama usia
  • Pada usia tiga tahun, waktu tidur kurang dari 10,5 jam setiap malamnya
  • Ukuran tubuh di saat usia 8 dan 18 bulan
  • Perkembangan yang dini dari lemak tubuh di usia pra sekolah, usia dimana yang seharusnya lemak tubuh belum meningkat

Dan ternyata baru-baru ini Dr Nikhil V Dhurandhar (http://www.seputar-indonesia.com, Dr Nikhil V Dhurandhar, Temukan Virus Penyebab Obesitas) justru berani melawan argumen yang mengatakan bahwa penyebab kegemukan adalah banyak makan setelah beliau menemukan virus kegemukan/obesitas. Virus obesitas itu disebut adenovirus-36 (Ad-36). Beliau memulai penelitiannya sejak tahun 2001 dengan mengambil jaringan lemak dari orang yang melakukan bedah lemak. Dr Nikhil V Dhundhar menyatakan bahwa obesitas dapat terjadi karena sel manusia yang terserang Ad-36 akan berubah menjadi sel lemak. Virus ini tidak hanya mengubah sel manusia tetapi juga menimbun sel lemak dalam tubuh.

Dari hasil penelitian ini, menambah pengetahuain saya bahwa kegemukan selain dikarenakan faktor-faktor diatas, ada kemungkinan disebabkan oleh virus ini. Oleh sebab itu bagi orang gemuk yang ingin mengetahui apa penyebab kegemukannya (termasuk saya he…) karena saya temasuk orang gemuk yang porsi makannya tidak banyak dan juga keluarga saya termasuk golongan kurus (kecuali mama tapi mama mulai gemuk setelah melahirkan anak ketiga) bisa mengetes darahnya oleh rekan kerja Dr Nikhil V Dhurandhar yaitu Dr Richard Atkinson. Dari hasil tes darah tersebut akan diketahui apakah seseorang telah aman dari virus Ad-36 atau tidak dengan biaya USD450. Tes darah tersebut baru ada di Amerika. Semoga secepatnya bisa ada di Indonesia Amin.

 

3 thoughts on “Kegemukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s