Planning (Penting Banget…….)

Anggota tubuh kita terdiri dari berbagai macam organ tubuh yang saling mendukung, ketika salah satu tidak berfungsi maka akan menimbulkan akibat bagi keberlangsungan kehidupan kita. Salah satu organ tubuh yang paling penting adalah jantung atau liver. Ketika jantung atau liver kita tidak dapat berfungsi maka akan berakibat fatal. Akibat yang paling fatal adalah kematian. Karena jantung atau liver merupakan salah satu fungsi organik. Begitu juga dengan mobil, fungsi organiknya adalah ban, oli, atau rem. Jika salah satunya tidak dapat berfungsi dengan baik maka kita sudah tahu akan akibatnya. Sedangkan lampu mobil, kap mobil, pintu mobil adalah salah satu fungsi pendukung saja. Karena walaupun tidak ada lampu, kap atau pintu, mobil tetap bisa dijalankan.

Fungsi organik adalah organ tubuh yang dimiliki oleh manusia yang sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan. Oleh sebab itu ketika jantung atau liver tidak dapat berfungsi dengan baik maka akan berakibat fatal.

Keberhasilan dalam diri manusia saya kira dapat kita lihat dari planning yang sudah dijalankannya. Planning atau perencanaan merupakan fungsi organik. Sebaiknya dalam menjalani kehidupan kita memiliki planning. Karena dengan adanya planning akan membuat hidup kita lebih terarah. Planning dapat dibuat untuk jangka panjang dan jangka pendek. Setidaknya kita mempunyai planning untuk 5 atau 10 tahun kedepan. Kemudian kita membuat planning untuk satu tahun, planning satu bulan, planning satu minggu, dan planning satu hari.

Pertama-tama, mari kita coba untuk membuat planning untuk satu hari. Malam hari kita catat rutinitas apa saja yang akan kita lakukan dalam satu hari. Kemudian kita jalankan ke esokan harinya. Malamnya kita evaluasi apa saja yang sudah kita kerjakan dan belum. Jika ada pekerjaan yang belum sempat kita jalankan kita ulangi keesokan harinya. Begitu seterusnya. Hingga akhirnya kita terbiasa.

Dengan adanya planning akan melatih diri untuk berdisiplin. Saya rasa untuk pertama kali menjalaninya pasti sulit, tapi jika kita bisa konsisten, sabar dan istiqomah maka InsyaAllah akan berhasil.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

One thought on “Planning (Penting Banget…….)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s