Antara Malang dan Jakarta

Alhamdullilah puasa sudah memasuki hari ke 8. Dan saya bisa melaluinya dengan baik. Tahun ini adalah pertama kalinya saya menjalankan puasa di Malang. 4 tahun sebelumnya saya pasti mengawali bulan Ramadhan di Jakarta. Terasa sekali perbedaannya. Yang paling jelas perbedaan yang saya rasakan adalah perbedaan cuaca. Di Jakarta cuacanya panas sedangkan di Malang dingin membuat saya tidak pernah merasakan beratnya puasa karena cuaca panas.

 

Menjalankan puasa di Jakarta membuat harus selau extra sabar. Kenapa? karena ketika saya semester 1-4 saya masih pulang pergi dari kampus ke rumah saya (pasar minggu ke ciputat) sebenarnya antara rumah saya ke kampus tidak jauh dengan mobil kira-kira 45 menit jika tidak macet. Bagi orang Malang ini termasuk jauh, tapi menurut saya rumah saya termasuk dekat karena begitu banyak teman-teman saya yang harus menempuh perjalan ke kampus sekitar 2 jam dari rumahnya (rumahnya yang di Bekasi). Memang di perlukan ekstra kesabaran karena saat perjalanan ini kita tidak bisa memastikan keadaan jalan yang tiba-tiba saja macet. Wah kalau udah macet itu biasanya saya harus sering bertasbih karena terkadang saya suka marah-marah sendiri dalam hati. Karena sudah capek masih harus merasakan macet pula. Tapi saya selalu mangambil hikamah dari perjalan itu, Apa? dengan perjalan itu saya bisa sambil bertasbih dan melatih diri saya untuk sabar. Saya Selalu berfikir coba saya yang jadi supir angkotnya mereka pasti lebih capek dari saya. Saya harus bersyukur karena saya bisa pulang naik angkot coba kalau saya masih harus nyupir juga pasti tidak kebayang dong.

 

Memang benar di setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Oleh sebab itu kita harus selalu bersyukur kepada Allah. Karena dari setiap kejadian ada pembelajaran buat kita. Ok

Tinggalkan Balasan

