Renungan 05

Berkaca Pada Mereka

Tadi pagi adekku nonton Avatar. Avatar merupakan film kartun kesukaan dia. Ketika dia lagi nonton saya menayakan jalan cerita karena bisanya Avatar memang sering banget diputar ulang. Pas lagi asyik cerita eh ada iklan. Sambil nunggu iklan habis adekku pindah saluran ke RCTI. Di RCTI lagi ada acara Urban. Acara tentang pendatang-pendatang daerah yang berjuang mencari penghidupan di ibukota.

Bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri dan anaknya yang tidak mempunyai tempat tinggal. Mencari rizki dengan menjadi pemulung, tinggal berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Anaknya saat ini sudah berumur 7 tahun. Dan dia bersekolah, yach anaknya mempunyai semangat yang tinggi untuk sekolah walaupun awalnya orang tuanya sempat ragu untuk mengekolahkannya karena takut tidak diterima di sekolah tersebut karena mereka miskin. Tapi pihak sekolah mengizinkan anaknya bersekolah karena menurut kepala sekolah: sekolah merupakan tempat untuk mencari ilmu dan setiap orang mempunyai hak yang sama untuk bersekolah dimanapun.

Walaupun dengan keadaan yang sangat memprihatinkan anak itu tetap belajar dengan semangat dan tidak pernah rendah diri. Dimanapun dia bisa belajar, malah ada bapak-bapak yang dengan sukarela mau mengajari anak itu belajar. Bapak itupun menunjkkan kesalutannya walaupun anak itu adak seorang pemulung tetapi dia mempunyai sopan santun yang tinggi.

Dari acara Urban ini, saya jadi merenungi diri. Saya bersyukur sekali pada ALLAH sampai saat ini saya masih di beri kesempatan untuk sekolah dan dapat hidup dengan layak. Oleh sebab itu saya harus mempergunakan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Harus lebih semangat lagi belajar. Karena ternyata masih banyak sekali orang yang tidak diberikan kesempatan seperti saya. Semoga ini akan jadi mempelajaran yang baik buat saya dan anda sekalian. Ok

Tinggalkan Balasan

