PNS: bukan suatu jalan keluar

Besok tanggal 10 November mungkin akan menjadi hari yang bersejarah dalam kehidupan wisudawan dan wisudawati di UIN Malang. Akan tergores indah dengan tinta emas dalam memory kehidupan. Perjuangan panjang dan melelahkan akhirnya selesai juga. (padahal tanpa mereka sadari hal ini akan menambah jumlah pengangguran di Indonesia) tetapi walau bagaimanapun saya ucapkan selamat dan sukses.

Tetapi babak kehidupan barupun, baru saja di mulai. Dengan menyelesaikan kuliah maka perjuangan lain di mulai. Yach beban itu adalah mencari pekerjaan. Aktivitas mencari lowongan di media apapun segera dimulai. Dari browsing di internet, membeli dan meminjam media cetak, atau tanya pada relasi, teman dan saudara.

Dan pastinya pembukaan lowongan PNS pun menjadi salah satu hal yang dinanti-nantikan. Karena memang hingga saat ini menjadi PNS merupakan salah satu hal yang menjanjikan. Yach memang pemikiran menjadi PNS enak itu adalah merupakan salah satu pemikiran yang ada dalam benak setiap masyarakat Indonesia. Menjadi PNS dengan pekerjaan santai, bisa datang dan pulang seenaknya tetapi tetap mendapatkan gaji sudah terekam indah di kepala masyarakat. Masa tua juga sudah mendapat tunjangan. Berbeda jauh jika bekerja di perusahaan swasta, apalagi perusahaan asing. Gaya kerja sudah dipastikan berbeda jauh dan pastinya jaminan masa tua pun belum ada.

Padahal PNS adalah pengabdi masyarakat. Yang digaji oleh masyarakat untuk melayani, memperbaiki dan juga untuk merubah Indonesia menjadi lebih baik. Dan hal ini seharusnya menjadi beban tersendiri bagi para PNS. TETAPI……….???? apa yang terjadi?. Pertanyaan besar yang belum terjawab oleh saya sendiri. Dan ini adalah potret kehidupan masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu sebaiknya pemikiran kita sebagai kaum muda harus dirubah. Dengan cara membuka usaha agar membuka peluang pekerjaan untuk orang lain (walaupun itu kecil tetapi jika diseriusi maka akan menjadi besar). Selain sulit, memang perlu ekstra perhatian dan dana di awal pembuatannya. Belum lagi goncangan permasalahan-permasalah yang harus dihadapi. Tetapi jika kita kuat menghadapinya maka kesuksekan yang akan kita raih aminn. Dan tidak ada salahnya jika kita mencoba. Selamat berjuang and sukses.

2 thoughts on “PNS: bukan suatu jalan keluar

  1. Aikh, saya setuju.PNS is not everything. masih banyak jalan yang bisa kita lalui untuk mencapai kesuksesan. Malah ayahku kurang suka (untuk tidak menyatakan ALERGI) dengan PNS. alasanya ya…seperti yg dikatakan mba’ Fikri. Wes to, selama kita mau berusaha dengan sekuat tenaga dan berdo’a, tak ada yang tidak mungkin.Is that right?seperti kata mba’ Fikri “semua kenyataan berawal dari mimpi” (sorry kebanyakan ngutip)🙂

  2. “Yach memang pemikiran menjadi PNS enak itu adalah merupakan salah satu pemikiran yang ada dalam benak setiap masyarakat Indonesia. Menjadi PNS dengan pekerjaan santai, bisa datang dan pulang seenaknya tetapi tetap mendapatkan gaji sudah terekam indah di kepala masyarakat.”
    mmm..nyam nyam nyam, dulu nih beberapa taon yg lalu, pa lagi waktu aku PKL di pemkab kota M…., wuah ga kpikir dey jadi PNS [banyak yang kongkow2 ga jelas], tapi stelah skr di UB, PNS ga sjelek yg aku pikir, emang smuanya tergantung institusi dan pribadi masing2 orang, bener2 yg ditekankan “pelayanan prima”, mungkin emang ada OKNUM yg “SLEWER” [mungkin waktu prajabatan ga ikut kaleee ;)]. palagi skr jobdisc sesuai dgn bidang ilmu kita, kreativitas ga bakal terhenti pa lagi smua fasilitas ada, malah dengan mau beralihnya ke BHMN sekarang smuanya KOMPETENSI, sapa yg males2an ga produktif ya DIDEPAK ajah, SO UNUSEFUL!!!!. tapi emang smuanya pilihan, usaha sendiri juga boleh, yang penting JUJUR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s