Macet lagi

Macet lagi macet lagi
Gara-gara si Komo lewat….

Waktu saya kecil lagu ini sangat populer, dan mungkin jika lagu ini didaur ulang dan dinyayikan kembali maka akan sangat menghibur sekali. Apalagi bagi para pengendara mobil baik umum atau pribadi lagu ini akan sedikit menghilangkan stress karena terjebak macet.

Kemacetan di Jakarta merupakan suatu hal yang biasa. Dan ini merupakan ciri khas dari Jakarta. Kalau tidak macet berarti bukan Jakarta. Macet merupakan hal yang menguntungkan dan juga merugikan. Ketika saya masih kuliah di Jakarta, setiap pagi saya harus merasakan macet. Kalau tidak mau terjebak macet maka saya harus berangkat dari rumah saya di kawasan Pasar Minggu ke Ciputat jam 05.30. Perjalanan yang harus saya tempuh selam kurang lebih 45 menit. Jika saya berangkat jam 05.30 maka saya akan sampai kampus jam 06.30. Padahal saya masuk kuliah jam 07.30, bisa dibayangkan terkadang saya masih sendiri dalam kelas. Tapi ada satu hal yang paling saya ingat ketika saya tercebak macet sampai 2 jam, itu dari lebak bulus ke kampus. Yang biasanya cuma 15 menit tapi ini saya jalani sampai 2 jam karena ada perbaikan jalan. Gila banget khan, saya rugi waktu banyak banget dan yang pasti saya ketinggalan pelajaran saya dan konsentrasi saya.

Dan saya tidak bisa bayangkan sekarang Jakarta di landa kemacetan dimana-mana (dulu hanya ditempat-tempat tertentu saja tapi sekarang????). Yach gara-gara si BUSWAY itu biangnya kalau dulu gara-gara si KOMO Lewat he….sekarang gara-gara si BUSWAY lewat.

Saya jadi merasa prihatin karena saya pernah merasa dirugikan sekali, tidak hanya dari segi materi tetapi juga dari segi inmateri. Inilah permasalahan yang harus segera dicarikan jalan keluar. Mungkin dengan cara:

  • Membatasi jumlah kepemilikan kendaraan pribadi.
  • Fasilitas Bus Umum benar-benar harus layak dan nyaman.
  • Harga parkir yang mahal sehingga akan membuat pemilik mobil pribadi lebih memilih naik Angkutan Umum daripada harus parkir.
  • Pembatasan umur kendaraan agar mobil-mibil tua dan tidak layak tidak beroperasi kembali dan ini akan menjaga keadaan lingkungan.

Cara-cara diatas mungkin bisa menjadi salah satu jalan keluar yang baik. Dan semoga bermanfaat buat kita semua. Dan Pemerintah segera bergerak cepat dalam mengatasi kemacetan di Jakarta. Agar tidak ada lagi pihak yang merasa dirugikan. OK

Tinggalkan Balasan

