Kuasai Kembali Telkomsel & Indosat

Ini salah satu berita yang lagi HOT. Yup Saham dua perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia ini turun setiap harinya. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyalahkan Temasek sebagi pemilik saham dari dua anak perusahaan ini memiliki 41 persen saham di Indosat dan 35 persen di telkomsel dan ini merupakan kepemilikan silang dan mengakibatkan terjadinya praktek monopolistik.

Karena adanya praktek Monopolistik ini KPPU menghitung bahwa selama periode 2003-2006, konsumen layanan seluler di Indonesia mengalami kerugian sebesar Rp 14,76 triliun hingga Rp 30,80 triliun. Hal ini terjadi antara lain karena adanya kemampuan pengendalian yang dilakukan oleh Temasek terhadap Telkomsel dan Indosat yang menyebabkan melambatnya perkembangan Indosat sehingga tidak efektif bersaing dengan Telkomsel, yang berujung pada tidak kompetitifnya pasar industri seluler di Indonesia.

Oleh sebab itu KPPU menghukum Temasek untuk melepas kepemilikan saham dari salah satu dari dua perusahaan Telkomsel atau indosat.
Temasek juga dijatuhkan denda 250 milyar dan memerintahkan Telkomsel untuk menurunkan tarif layanan selulernya hingga 15 persen.
Wah ternyata tanpa kita sadari ternyata selama ini kita sudah dirugikan oleh Pemerintah kita sendiri dengan menjual saham-saham dua perusahaan telekomunikasi ini. Maka dari itu kita harus mendukung keputusan KPPU mengingat bahwa Terkomsel dan Indosat merupakan asset bangsa. Karena jumlah denda yang diberikan oleh KPPU terhadap Tematek sangatlah ringan hanya 250 milyar coba dibandingkan dengan kerugian kita tanggung akibat praktek monopolistik yaitu Rp 14 tirilun hingga Rp 30 triliun kami menyatakan bahwa Temasek harus membayar denda ganti rugi yang sebanding kepada pelanggan/konsumennya. Seharusnya jika kita perkirakan Temasek harus dihukum membayar denda minimal 20 persen dari nilai maksimum kerugian, yaitu 20 persen x Rp 30 triliun = Rp 6 triliun.

Lalu kenapa dulu saham Telkomsel dan Indosat dijual jika sekarang ini kedua perusahan itu malah merugikan kita???? Jika saja tidak dijual maka semua keuntungan akan kita tadapatkan bukan kerugian. Jadi salah siapa???? Suka sekali yach Pemerintah kita menjual asset berharga tanpa PIKIR PANJANG KALAU SUDAH MERUGIKAN NEGARA SAPA DONG YANG AKAN BERTANGGUNG JAWAB.

Ini harus menjadi pelajaran penting bagi para pejabat Pemerintahan Indonesia karena lain kali jangan asal menjual saja asset berharga. Dan mari warga negara Indonesia: para pelajar, kaum intelektual, mahasiswa, dan para pelanggan seluler untuk mendukung keputusan KPPU. Karena ini semua demi kebaikan bangsa kita harus merebut kembali Telkomsel dan Indosat. Ok

 

(dari berbagai sumber: http://akomhome.blogspot.com/, web.bisnis.com/, dan http://www.mobile-indonesia.com/)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s