Reog Ponorogo VS Barong Malaysia

Lagi-lagi asset bangsa yang paling berharga di klaim kembali sebagai salah satu kebudayaannya oleh Pemerintah Malaysia bidang Pariwisata. Reog Ponorogo yang di sabotase oleh Malaysia dengan nama tari Barong.

Tari barongan versi Malaysia menceritakan tentang kisah di zaman nabi Sulaiman dengan binatang-binatang yang sedang bercakap-cakap dengan seorang pamong (juru iring) yang bernama barong yang mengiringi seorang putri raja yang sedang menunggang kuda melintas dikawasan tertentu tersebut. Selanjutnya, barong tersebut menari bersama-sama dengan beberapa binatang. Apalagi pemerintah Malaysia menyatakan tari barongan adalah warisan melayu yang dilestarikan dan dapat dilihat di Batu Pahat, Johor, dan Selangor, Malaysia (dapat dilihat di http://www.heritage.gov.my/).

Wow kok baru terdengar sekarang ya kalau Malaysia memiliki tari Barongan? Terus sejak kapan ada tari Barong?. Sedangkan cerita reog Ponorogo telah ada dan mulai berkembang sejak tahun 900 saka. Tepatnya, pada masa kerajaan Kediri. Pada masa itu, Prabu Klono Sewandono dari kerajaan Bantarangin atau Wengker yang merupakan cikal bakal Kabupaten Ponorogo, berangkat menuju Daha kerajaan Kediri untuk melamar putri Songgolangit. Namun ditengah perjalanan rombongan Prabu Klono Sewandono dihadang makhluk yang berwujud kepala harimau (Kepala Barong) yang berhiaskan burung merak (dadak merak) di atasnya. Saat itu, kepala barong dapat dikalahkan dan kemudian menjadi pengikutnya. Namun, ketika melamar sang putri raja Songgolangit, sang putri bersedia dinikahi dengan meminta mas kawin berupa sebuah kesenian yang belum ada di dunia. Atas permintaan tersebut, akhirnya lahirlah kesenian reog, yang merupakan perpaduan antara musik seruling dengan gending atau karawitan yang diiringi para penari.

 

Wah ini udah gak bener dan tidak bisa dibiarkan lagi. Pemerintah harus cepat bertindak karena jika terlambat maka akan semakin banyak lagi asset bangsa yang akan hilang. Ayo Pemerintah Indonesia Jangan hanya DIAM saja ini adalah asset bangsa INDONESIA yang harus dipertahankan. Kemarin-kemarin Pemerintah hanya diam APA SEKARANG AKAN DIAM JUGA??????. Maka dari itu Indonesia sebagai negara dengan 220 juta penduduk jangan mau di injak-injak oleh Malaysia. Malaysia yang dikenal dengan negara yang maju perkembangannya dan mempunyai rakyat yang berkepribadian baik ternyata suka sekali mencuri barang orang lain. Ayo warga Indonesia kita ganyang orang Malaysia. Ok ini untuk mempertahankan dan menunjukkan kepada Malaysia bahwa kita adalah negara yang menyayangi asset yang dimiliki. BERJUANG!!!!!

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s