Dinamika Pesantren

Buku yang diedit oleh Saifullah Maksum Ed dan diterbitkan oleh Yayasan Islam Al-Hamidiyah dan Yayasan Saifuddin Zuhri pada tahun 1998. Saya menyelesaikan membaca buku ini ketika menghabiskan liburan selama 20 hari di Ngawi. Berisi tentang tulisan para peneliti yang menginginkan perubahan dalam dunia pesantren.
Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia. Keberadaan pesantren hingga saat ini selalu menimbulkan kritik dan pertanyaan. Kritik dan pertanyaan itu timbul ketika pesantren mulai dibanding-bandingkan dengan lembaga pendidikan baru, baik yang berlabel agama maupun lembaga pendidikan umum, yang ternyata beberapa bagiannya berhasil mengambil alih peran pesantren.
Lembaga pendidikan baru tampak begitu bagus dan mampu berkembang, sementara pesantren yang merupakan lembaga pendidikan lama sering terlihat buram karena kurangnya perhatian.
Dinamika pesantren mengambarkan dinamika yang kini tengah terjadi di dunia pesantren sebgai proses pembaharuan, dampak dari bergumulan pemikiran para penulis mengenai dunia pesantren yang berlangsung sejak lama.
Buku ini berisi tentang paradigma pendidikn dan konsep dasar pendidikan pesantren berdasarkan buku Ta’lim al-Mutta’alim. Buku ini sangat populer di kalangan santri dan menjadi buku bacaan wajib dilingkungan pesantren. Memuat prinsip-prinsip metode pengajaran Islam.
Konsep pengajaran dalam buku ini menempatkan guru sebagai seorang ahli yang sudah melakukan percobaan serta mengetahui ilmu apa yang sebaiknya diajarkan kepada peserta didik sesuai tabiatnya. Sedangkan murid harus menerima dan menelan apa saja yang dikemukakan guru. Dan murid tidak diperkenankan banyak berbicara dan mengajukan pertanyaan terutama berkaitan dengan masalah yang tidak disenangi dan dikuasai oleh guru.
Pada metode pengajaran seperti ini menempatkan guru sebagai segalanya. Untuk itu, penghormatan dan ta’dzim kepada guru merupakan mutlak. Dan metode pengajaran seperti ini yang masih digunakan oleh semua pesantren yang ada di Indonesia.
Metode pengajaran seperti ini harus diakui sudah ketinggalan zaman, alias tidak sesuai lagi dengan perkembangan dan kebutuhan zaman. Untuk itu perlu dilakukan perubahan walaupun tidak meninggalkan metode pengaran yang lama.
Kemudian dalam buku Dinamika Pesantren ini juga diulas tentang peran-peran baru pesantren. Peran pesantren sangat penting bagi perkembangan lingkungannya terutama yang berada didesa. Karena kebanyakan pesantren di Indonesia berada di pedesaan. Dan keberadaan pesantren tiddak bisda terlepas dari kehidupan masyarakat desa.
Peran pesantren di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya sangat membantu untuk perkembangan desa. Misalnya peran pesantren di bidang pendidikan, pesantren mempunyai peran dalam mengajarkan agama dan baca tulis. Biasanya khusus untuk dilingkungan pesantren tidak dikenai biaya pendidikan.
Problem dalam kederisasi ulama melalui pendidikan pesantren harus segera diperbaiki. Karena saat ini sangat dibutuhkan seorang figur ulama yang tidak hanya mampu mempertahankan jati diri sebagai muslim dari pengaruh-pengaruh negatif perkembangan zaman, pada sisi lain ulamapun harus mampu mempengaruhi masyarakat dunia agar menjunjung tinggi nilai-nilai dan ajaran agama, terutama Islam.
Inilah beberapa Koreksi terhadap kinerja pesantren yang sudah muncul sejak lama. Hingga sejauh ini belum tampak apresiasi yang memadai dari kalangan pesantren terhadap gagasan pembaharuan, kecuali sebagian kecil pesantren yang telah melakukan perubahan secara signifikan. Selama ini pesantren dapat terus hidup dengan polanya sendiri, berkembang sesuai dengan spiritnya, dan dengan penuh rasa percaya diri.
Koreksi-koreksi seperti ini sesungguhnya sangat diperlukan oleh pesantren. Karena gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh pengamat pesantren dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja dan performa pesantren.

2 thoughts on “Dinamika Pesantren

  1. memang dari jaman dulu pesantren lah yang sangat ungul dalam hal apapun,
    karena mereka sudah mandiri jauh dari yang lain.penjajah saja paling takut dengan orang pesantren

  2. alhamdulillah semoga keberadaan pesantren selalu jaya dan unggul sampai hari kiamat, karena keberadaannya yang banyak membawa manfaat dan kebaikan kepada semua manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s