Jumlah Hutang Indonesia 1300 Trilyun

Indonesia akan menambah hutang luar negerinya sebesar 20 trilyun. Alasan yang digunakan kali ini adalah hutang ini sangat diperlukan untuk menutupi kekurangan dana APBN.
Harus kita ketahui bahwa hutang luar negeri yang dimiliki Indonesia adalah berjumlah 1300 TRILYUN. Maka jika ditambah dengan 20 trilyun maka hutang luar negeri kita akan bertambah menjadi 1320 TRILYUN.
Hutang luar negeri yang dimiliki Indonesia sungguh mencengangkan. Coba saja kita berandai-andai: jika kita memiliki hutang kepada teman saja  yang jumlahnya 50 ribu, kita sudah dibuat bingung untuk membayarnya. Padahal uang itu kta gunakan untuk keperluan membeli buku karena uang kiriman dari orang tua telat datang.
Butuh waktu berapa abad Indonesia akan mampu melunasi hutang luar negerinya. Sampai anak, cicit, anaknya cicit, dan cucunya cicit kita mungkin baru akan lunas. Atau mungkin sampai dunia kiamat, hutang ini tidak akan lunas. Padahal sudah jelas didalam Alquran bahwa hutang itu adalah tanggung jawab yang harus dilunasi sampai kita meninggal. Terus kalau Indonesia punya hutang 1300 trilyun jadi tanggung jawab siapa dong?????he…he….itulah pertanyaan yang harus kita jawab bersama. Jadi siapa yang tahu jawabannya. Boleh komen di blog ini, ditunggu ya….

66 thoughts on “Jumlah Hutang Indonesia 1300 Trilyun

  1. Pertanyaannya, siapa yag ngutang dan untuk siapa hutang itu???? Kalo yang ngutang konglomerat tanpa hedging dan jangka pendek, lalu hutang2 tsb dibebankan kepada negara oleh michael camdesus dari WB dan IMF akibat para konglomerat yang ngutang sudah pada kabur ke RRC setelah semua uang rampokannya ditransfer ke sana dan bangun pabrik dan company gila2an disana dan imf gak mau repot nagihin satu2 ke mereka yang setengah warga RRC itu, maka karena tekanan ekonomi dan politik akibat kehilangan devisa banyak akibat pelarian modal tsb, depresiaisi Rp gila2an, rakyat banyak kelaparan, kerusuhan rasial yang dirancang oleh pemilik modal yang sudah kabur tsb, harga melonjak gila2an dan banyak kebutuhan pokok yang hilang di pasaran, kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan beras mendesak, pemerintah butuh uang lagi sehingga butuh hutang lagi, tapi imf gak mau kasih hutang kalo pemerintah gak mau nanggung utang para setan konglomerat tsb, maka jadilah dittd mou dengan imf tadi untuk sekedar dapat 5 M USD, tapi harus naggung 80M USD utang konglomerat. Eh sudah tjatuh ketiban tangga lagi, bank2 yang diborohkan oleh konglomerat itu ternyata kosong meninggalkan hutang dana pihak ketiga yang lagi2 bikin resah kalo gak dibayarkan. Jadilah dikucurkan lagi dana rekap ratusan T. Sudah gitu masihkah kita percaya hajat hidup kita, kita gantungkan ke para taipan non pri tsb, dengan bilang mereka berusaha dengan jujur????? Silahkan balik lagi???? Memang mereka dibantu antek pribumi yang jadi pejabat, untuk bangun negeri leluluhurnya.

  2. terus kalau para konglomerat adalah kebanyakan orang chiness
    mending gak usah repot2 usir saja para keturunan tionghoa dari bumi NKRI

    • Klo semua chines keluar dari indonesia, maka negara rugi, karena cines membantu pembangunan negara, buka pribumi seperti anda, hanya menyusahkan negara alias MISKIN ABADI, ngemis2 di semua lampu merah PULAU JAWA. Memalukan ngemis dari pendatang di NEGARA SENDIRI. Sudah PUTUS KAH URAT MALU ANDA SEBAGAI SEORANG PRIBUMI??

  3. bener juga tuch sara..
    gw sependapat sama lo..
    lagian orang cina itzu rata2 pelit..gak mw rugi sePeserpun….
    ntuk apa pula rakyat bayar pajak klw hasilnya bukan untuk bersama melainkan hanya untuk kepentiingan pribadi saja??!!
    kayak makan buah simalakama ajza..bayar salah..nunggak salah juga..
    dimakan mati ibu ga dimakan mati bapak..CAPEK..DECH…..!!!!!!!!
    add ym gw y zahrace_zmp@yahoo.com

    • Tergantung darimana kita melihat sudut pandangnya:

      Kalau dikatakan pelit (negatif) ya kesannya orang cina pelit.
      tapi mari kita lihat begini:

      Orang Indonesia, Orang Bule, dan Orang Cina.

      Orang Indonesia:
      50% buat foya2, 30% Makan, 20% untuk di tabung.
      Orang Bule:
      30% Buat foya2, 20% di tabung, 50% makan.
      Orang Cina:
      10% buat makan, 90% buat di tabung

      Pelit!? ya, mereka pelit. Tapi ingat MEREKA MENUNDA KESENANGAN. Liat Pada saat mereka tua. mereka punya banyak uang, banyak deposito, keluar negeri, menyekolahkan anak dll, dan mereka turunkan ilmu tersebut pada anak-anaknya.

      Orang Sipit mengajarkan BUKAN Hari ini mau makan apa? Tapi mereka
      pertanyaannya BESOK MAU MAKAN apa? Beda sekali dengan orang Indonesia
      SEKARANG MAU MAKAN
      apa yah? Artinya mereka memiliki RENCANA KEUANGAN yang
      matang untuk hari esok

      Tjandra Danny
      Rahasia Kartu Kredit

      • Mertua saya orang chinese indonesia. memang punya simpanan hari tua, tapi sakit-sakitan sekarang. Dari mulai sakit gout, sakit ginjal dan diabetes. Pandangan anda tidak harus diterima orang. Kehidupan orang china tidaklah patokan untuk semua orang. Orang china maju dan tinggal dinegara maju juga tidak berpikir seperti anda lagi. Tapi fakta menunjukkan orang china lebih banyak lari ke indonesia dibandingkan orang indo lari kee china

  4. negara yang ngutang kok dilempar ke taipan sih? Bagaimanapun, keturunan Tionghoa bagian dari warga negara Indonesia. Status mereka sama dengan Batak, Jawa, Toraja, Papua dan suku-suku lain. Lagipula setiap suku di Indonesia toh pendatang juga kan? Memang ada suku dan etnis yang lahir dari Tanah? Pasti semua pendatang. Baca sedikit lagi buku sejarah… Lagipula ada juga Tionghoa yang miskin.

    Persoalannya pemerintah kita yang tak serius menggunakan utang untuk kebutuhan rakyat. Lihat saja, berkali-kali komoditas dunia naik, Indonesia masih gelagapan. Setelah Kedelai, BBM naik dan kita masih kisruh menghadapinya…so…persoalan bangsa jang dilempar ke satu etnis dong. Bikin masalah tambah ruwet!

    • Masalahnya orang chinese indonesia merasa mereka tetap warga china bukan warga indonesia. Jadi pengen membuktikan pandanganya mereka saja dan perlu dicoba bagaimana kalau orang china di indonesia diusir dari indonesia, supaya matanya lebih terbuka sedikit.

  5. Kalo utangnya IMF mah ga usah dibayar. Enak aja !.. Udah ngasih sarannya ngaco, asal, dan sama sekali ga membantu.. And malah bikin ekonomi indonesia amburadul..
    Minta aja sana sama obligor BLBI !

    ga adil kalo anak cucu (bahkan yg belum lahir) disuruh bayar sesuatu yg ga mereka rasakan..

  6. Emang seh bukan salah satu etnis saja, tapi tetap saja Etnis Mata Sipit yang paling banyak bikin negara kita rusak, miskin, dan terjajah secara ekonomi…!!!

    Setidaknya etnis jawa, batak, ataupun sunda saat kaya bawa uangnya ke daerah yang nota bene masih wilayah Indonesia, nah si Sipit klo kaya (usaha/nyolong) ya di bawa ke China.

    Betul apa betul?

    • Tidak juga, dan salah besar…!

      Etnis sipit menguasai perdagangan di indonesia karena mereka “terpaksa” menguasai.

      Ingat pada jaman soeharto, apakah mereka bisa bersekolah sampai perguruan tinggi? kalau iya pun SANGAT SULIT.

      Apakah mereka bisa masuk dan bekerja kantor apalagi menjadi PNS? TIDAK, Mereka sama sekali tidak diterima!

      Maka dari itu mereka “terpaksa” berdagang, kebanyakan dari mereka menguasai perdagangan karena dari kecil mereka di ajarkan oleh orang tua nya berdagang! karena tidak bisa sekolah. Jelas saja kalau perekonomian Indonesia di kuasai oleh etnis mata sipit. KARENA TERPAKSA MENGUASAI.

      Pernahkah kita belajar dari kesalahan? daripada kita menyalahkan suatu etnis atas hutang indonesia, mengapa kita tidak kembali pada diri kita dan bertanya:” Ok, etnis sipit bisa menguasai perdagangan, Bagaimana SAYA bisa seperti mereka?”

      Bagaimana caranya? dll… BELAJAR DARI MEREKA! Jangan belajar menyalahkan, Mereka pintar karena mereka belajar DARI KECIL dan Ingat Ibu dari suatu kesuksesan adalah PENGULANGAN, etnis mata sipit dari KECIL sudah di ajar DAGANG dan umumnya suatu bisnis pasti berkaitan dengan HUTANG dan mereka biasa sekali menghadapi terjepit hutang dll, mereka ulang dan ulang akhirnya ketika besar pun mereka etnis mata sipit PINTAR DAGANG.

      Tjandra Danny
      Rahasia Hutang Kartu Kredit

      • Zaman suharto dibuat orang china menguasai perdagangan tapi tidak boleh dibidang politik supaya hanya bisa dibuat sebagai alat, karena nanti kalau sudah besar dan kuat tetap tidak punya kekuatan politik. Akibatnya orang china tidak merasa bangsa indonesia tapi lebih merasa orang china sekalipun lahir di indonesia. Dizaman globalisasi, batas-batas negara sudah mulai kendur, tapi orang china indonesia selalu merasa diatas. Saya juga bingung kenapa, karena keangkuhan dari orang china ini membuat seperti itu.

      • Ini masalah yang sangat kompleks kenapa mayoritas pribumi miskin, masalah yang saya temui dari para pribumi:
        1. Budaya pragmatis (cenderung tidak mau merubah sesuatu dan malas walaupun sudah melihat contoh keberhasilan yang diraih orang kaukasia atau china) budaya ini dapat dijumpai dimana-mana saat orang-orang menerima apa adanya dan terlalu tergantung pada orang lain, penyebabnya kondisi geografis indonesia yang subur dan nyaman maka dari itu kalau kita lihat budaya orang indonesia sangat seragam dari segi istilah “nyantai aja, dipikir besok, alon-alon sing penting klakon, emang gue pikirin”
        2. Pemerintah indonesia menjebak keturunan pribumi di sekolah biasa yang tidak berkualitas internasional, mayoritas pribumi adalah orang miskin yang tidak sanggup masuk ke sekolah internasional, dan ini jaman bagi semua orang untuk bisa menguasai segala keahlian dan bahasa, tapi sekolah pribumi selalu ketinggalan jaman, coba lihat sekolah-sekolah orang china/para ekspatriat, sekolah mereka berstandar internasional dengan multi bahasa dan keahlian yang pada akhirnya mengantar lulusan sekolah internasional untuk bisa bersaing di dunia
        dan masih banyak lagi….apa yang saya tulis ini adalah sebagain terkecil tapi merupakan inti

  7. Kok jadi lari kemasalah etnis, coba deh lihat siapa saja dan apa yang sebenarnya menjadi biang keladi dari permasalahan hutang dinegara kita ini.
    Kalau mau lebih obyektif bisa dilihat dari sejarah perkembangan indonesia(yang terdiri dari sekian suku bangsa), yang pasti bahwa dulunya indonesia adalah tanah ksong yang tidak ada satu orangpun terdapat didalamnya, apalagi orang yang mengaku sebagai tuan tanah. Artinya bahwa siapapun berhak hidup diIndonesia tanpa perlu merasa superior ataupun inferior. Kemiskinan yang terjadi dinegara ini tidak ada hubunganya dengan hal itu. Memang benar bahwa bangsa Chinesse-pun banyak yang miskin dan ada banyak orang Non-Chinesse yang kaya.
    Misalnya SBY-JK,Kabinet, dan Parlemenya apakah mereka mayoritas Chinesse?Padahal faktanya merekalah yang mengajukan hutang baru, menjual BUMN, Menaikan harga,Dll. Walaupun memang ada juga orang Chinesse didalamnya.
    MEnurutku kita harus melihatnya berdasarkan kepentingan antara 2klompk besar.Simplenya.
    I. Korban
    II. Yang diuntungkan.
    Sumber masalah dan penyelesaianya.

    Cape……dilanjut kapan2 y.thx

    • Pernyataan bodoh dari orang china bilang kalau dulunya negara indonesia itu kosong. Dulu kapan? kosong berapa %. Perkembangan rakyat indonesia berapa %. Maksud anda rakyat indonesia tidak kawin? tidak lahir? Coba buktikan keluar semua orang china dari indonesia. Negara indonesia tidak akan kosong. Kalau orang china indonesia tidak punya jiwa nasionalist terhadap indonesia, kenapa cari makan di indonesia? Pergi aja ke daratan china, supaya pengangguran juga disana, makan juga susah.

  8. wad0wh makin rUwet ajah..
    w ajah msi anaq sMa dh sErem bgd bca gtUan..
    yg psti w stUju bgd ma kaLian smw..
    maU jdi aPa nEgara qTa kLo uTang trUz..
    dn qTa sbagai gEnerasi mUda hrUz brUsaha jg jdi Lbih baik,mUst stUdy hard..biar bsa n9bantU negara qta sNdri..
    sLama ini apa c yg uda qta Lakuin buad negara qta??
    mka’a qta jg hruz brusaha buad Lbih baik..
    qta kan caLon pEmimpin..hehe
    add mE fan_cuits@yahoo.co.id

  9. sebenarnya kita gak usah bingung dan gak usah nunggu beabad2 buat lunasin utang kita. kalu saya boleh kasih saran , saya mw ajak kalian untuk berpikir.
    sekarang bukan jamanya lagi kita berpikir “negara mw kasih pa ke kita tapi apa yang perlu kita kasih ke negara”.itu prinsip kita sekarang. pemuda2 indonesia yang dijadikan sebagai AGEN OF CHANGE harusnya bisa bersikap dewasa dan memikirkan solusi tentang permasalahn negara bukan cuma menuntut dan menuntut kepada pemerintah. solusi saya mengenai hutang negara, saya lebih fokus kepada DANA YANG DIKELUARKAN OLEH SEtIAP PEROKOK, kenapa saya ambil tema ini karena dalam setahun saja dari jumlah perokok di indonesia itu mengeluarkan dana sebesar 500 TRILIUN lebih. ini untuk satu tahun. lah kalu semisal 1300 T bisa dibayar cuma 3 tahun. bener ga??? mari kita renungkan lagi… dengan kata lain mari kita STOP ROKOK…mendingan kita kumpulin uangnya buat bayar utang…

  10. Saya kira kembali ke kita sendiri, makanya yang paling baik tindakan intropeksi diri sendiri, jangan orang lain.
    Kalau saya mengatakan jika mereka meminjam uang dari bank misalnya atau mereka mau menyogok pejabat. yang salah siapa,Tentu Pejabat.Jadi kalau mereka melarikan uang negara ya tentu orang kita (pejabat kita) yang salah.
    Kalau saya jadi Pejabat tidak satu orangpun yg dapat melarikan uang kemana-mana.Ada syarat yg tidak dapat dilakukan untuk membawah kabur kekayaan negara.Untuk itu
    tindakan mengusir, dll bukanlah tindakan yg baik.apabila mereka diusir terus masyarakat sendiri bertindak sama (banyak juga kasus yg sama) jadinya bagaimana lagi.
    Terima kasih semoga masukan berharga.

  11. Kalo kata gusdur,”Gitu aja koq repot”.Permasalahan utang luar negeri indonesia memang dilematis.
    Haruskah negeri ini puasa selama satu tahun untuk menyikat habis hutangnya?
    Walaupun akarnya dari pemerintah,tetapi kalo ga ada partisipasi dari seluruh rakyat indonesia,mustahil utang negeri ini bakal lunas.

  12. yang sudah, ya sudahlah. kalau pihak swasta yang ngutang mereka harus bayar sendiri, masa negara lagi yang menaggung…
    kalau itu utang negara ya negara yang harus bayar, salah satu naikkan saja harga listrik 100 sampai 200 per KWH pasti PLN untung, negara nga perlu lagi subsidi untuk PLN, jadi bisa buat tambahan bayar utang…

  13. buat NORMAN,SAARA,and ZAHRA….
    gua mao ks sedikit penerangan neh,gua warga indonesia yg keturunan cina…
    tentang pembahasan kalian yg menyalahkan org ‘cina’ itu bagi gua sangatlah tidak masuk di otak..
    SKr gua tanya kpd kalian,apa kalain pernah punya teman org ‘cina’ ??? apa kalian uda kenal semua org ‘cina’ yg ada di Indonesia ???
    klo blm tolong jgn sekali kali mengatakan kata2 “USIR ORG CINA DR INDONESIA’ !!!
    klo bole jujur gua jg benci ama org indonesia yg ‘KETURUNAN JAWA’ atau apalah yg sama kek kalian itu,tau gak penyebab nya apa,lihat aja dr teks kalian itu,kalian sama skali gk ngakuin klo kami ‘org cina’ ini adalah WARGA INDONESIA,pdhal kita sama2 lahir di Indonesia,tp malah gk di akuin,malah RRC yg sama skali gk kami kenal menganggap kami ‘org cina’ adlh rakyat mrk…
    1 lg,org cina bkn pelit,tapi mrk tau susahnya cr uang,oleh karna itu mrk gk boros,gua anak pengusaha dan karyawan ortu gua mayoritas org islam,mrk baik,mrk gk kek kalian,malah mrk blg klo ‘GAK ADA ORG CINA PASTI INDONESIA MAKIN MISKIN” gua pernah blg ke salah 1 pembantu ku,klo suatu hr gua jd org hebat d luar negri,gua gk akan ngaku gua WARGA INDONESIA,karna INDONESIA sendiri gak pernah ngakuin ‘org cina’ adlh warga indonesia jg…
    Tp setelah gua pikir2 buat apa gua pusingin org2 yg gak ngakuin ‘org cina’ ??? lagian gua jg gak rugi….
    jd org ENJOY aja lagi…..
    mao org apa aja,yg penting :
    KAMU BAIKIN AKU,AKU BISA LEBIH BAIK LAGI,KLO KAMU JAHATIN AKU,AKU BISA LEBIH KEJAM LAGI….

    • Jennifer jangan begitu donk…ingat “Mereka Tidak Tahu Apa yang mereka perbuat”.

      Berbuat lebih banyak dan buktikan kalau orang mata sipit cinta indonesia dan membangun Indonesia dengan sepenuh hati, buat orang indonesia ayo bantu kami orang mata sipit mencintai negeri ini seperti kalian mencintai negeri ini.

      O ya kalau belajar sejarah, orang indonesia pribumi itu berasal dari suatu daerah di Cina bernama YUNAN. Anda semua bisa cek di buku sejarah mau pun guru sejarah dan sudah saya pastikan.

      Yang jelas tidak ada WARGA NEGARA INDONESIA ASLI. Karena pada dasarnya kita semua berasal dari Cina daratan. Mengapa mata sipit dan mata belok? Tanyakan pada Tuhan yang Maha Esa, bukankah kita juga MANUSIA?

      Tjandra Danny
      Rahasia Kartu Kredit

      Tjandra Danny

    • jennifer km hati2 kl ngomong.. weh siapa yg bilang klo gk ad orang china indonesia bangkrut??? krn gk bs ngurus ekonomi atau gk ad hasil alam maksdmu??? CAMKAN KATA2 SAYA WOI ORANG CHINA, HUTANG INDONESIA SEBENARNYA BS DIBAYAR SELAMA PEMERINTAH TIDAK DIMONOPOLI OLEH NEGARA ADIKUASA, PERBANDINGANYA INDONESIA ADALAH NEGARA YANG MEMPUNYAI CADANGAN MINYAK TERBESAR DIDUNIA TP SELAMA INI PENGELOLAANYA DIPEGANG OLEH ASING : PERUSAHAAN TAMBANG EMAS : 1. NEWMON : SUMATERA(TAPANULI SELATAN),SULAWESI,NTT 2. MINYAK : KALIMANTAN, SUMATERA, PAPUA, SULAWESI JAWA. GAS ALAM : KALIMANTAN,PAPUA,SUMATERA JAWA, AMBON NTT. 3.BATUBARA KALIMANTAN,PAPUA,SUMATERA,KEPULAUAN INDONESIA TIMUR,DLL.. DAN MASIH BNYK JENIS BARANG TAMBANG YG GK BS SY SEBUTIN SATU PER SATU.. INGAT ITU WAHAI ORANG CHINA, KTA2 CONGKAK KALIAN BSA JADI BUMERANG BUAT KALIAN.(ANDA BS CARI SENDIRI DATANYA YG TERBESAR DI ACEH) YANG KEDUA SIAPAKAH KALIAN SEHINGGA KALIN BERKATA ORANG CHINA GK ADA INDONESIA BSA KOLAPS, NGK SELAMA INDONESIA MASIH ADA ORANG2 YANG PEDULI DAN CINTA DAN MAU BERJUANG DEMI MENGATASI HUTANG INDONESIA… ANDA MEMINTA KESETARAAN HAK WAH, SDGKAN NEGARA ANDA AJA(CHINA) MEMBATASI PENGUSAAN ORANG LUAR TERHADAP NEGERI SENDIRI ANDA AMU MEMINTA KESETARAAN HAK!!!! BUKTIKAN DULU ANDA CINTA TERHADAP TANAH AIR BARU KAMI BSA MENCINTAI ANDA DENGAN TULUS… LOGIKA APAKAH ADA ORANG SUKU ASLI DI INDONESIA YANG MASUK DI PEMERINTAHAAN DI CHINA.. TIDAK BKN?? TP DI INDONESIA ADA ORANG CHINA YG MASUK KE LEGISLATIF,, INI SAYA KECEWA……… TP KEDEPAN PERUBAHAN PASTI TERJADI, SELAMA ADA TEKAD DAN KEMAUAN.. Bersyukur kalian woi.. ya ampun CONGKAK SEKALI KATA-KATA KALIAN. TAPI SUDAHLAH INDONESIA JGN SAMPAI KERUSUHAN LAGI SEPERTI DAHULU, INDONESIA HARUS MODERN, DAN JGN SAMPAI TERPROVOKASI, DAN SEKALI-LAGI HATI2 BICARA ANDA JENIFER… MERDEKA INDONESIA

    • perhitungan kasar saya tentang penyelesaian masalah utang di indonesia bsa gampang terbayarkan.. logika kan saja, cadangan minyak untuk wilayah ambalat saja klo dirupiahkan bsa lebh dari 2000 trilyun.. itu bru willayah ambalat, dan itu baru jenis tambang minyak(yang terbesar didunia cadangan nya angkanya kl gk slh 420 milyar barel itu terletak di aceh, mengalahkan arab yang hanya 320 milyar barel), blm yang lain emas, batubara,timah,bijibesi,aspal,berlian,kayu,hasil laut dan masih banyak.. jika tiba saatnya indonesia pasti maju….

    • TAMBAHAN JIKA TIBA SAATNYA PENASIONALISASIKAN PERUSAHAAN ASING YG MENGUASAI TAMBANG MUNGKIN BISA TERJADI…… SEPERTI SAAT JAMAN KEMERDEKAAN NASIONALISASIKAN PERUSAHAAN BELANDA……. BANYAK DUNIA YANG MENGAGUMI INDONESIA DARI HASIL BUMI DAN HUTAN PERAWANYA, TAPI TIDAK SEDIKIT JUGA YANG SIRIK DAN HAUS AKAN HARTA DUNIA UNTUK MENGUASAI INDONESIA… TUHAN PASTI MEMBALASKAN SEMUA ITU KARENA APA YANG DI PERBUAT PASTI ADA BALASANYA…

  14. Jenifer sayang, ini gak ada hubungan dengan kamu atau saudara2 kami keturunan tionghoa, ini urusan jaringan kapitalisme overseas chinese yang bikin bangkrut negeri kita. Tahu gak kamu, ini sudah dirancang, dan pemerintah RRC jauh2 hari, sebelum kamu lahir, bahkan kita lahir, tahun 40an, sudah bikin komitemen, keturunan china dimanapun, tetap warga RRC selama dia mau ‘bangkrutkan” (baca=mengumpulkan modal lalu dibawa ‘pulang’) negara tempat tinggalnya untuk kemakmuran RRC. Untuk memperkuat motivasi itu, dibentuklah jaringan mafia triad (kamu baca deh sejarah, triad dibentuk oleh negarawan keluarga Li) untuk ‘menjaga’ komitmen ‘para anak2 yang merantau. Maksudnya, begitu seorang keturunan china ‘naik daun’ (baca=pebisnis kaya), langsung direkrut jadi anggota potensial (maksudnya dipaksa). Mulanya banyak yang ‘dipaksa’, meski bagaimanapun sikap primordial pada tanah leluhur melancarkan ‘pemaksaan’ tadi. Setelah running, triad bukan lagi ‘pemaksa’, justru orang2 berbondong2 masuk anggota supaya bisa lancar bisnisnya, karena jaringan ‘mafia’ ini sudah jadi jaringan bisnis yang menggurita. Dimana2 mafia halalkan segala cara, gak cuma triad, mafioso dan yakuza juga. Jadi, saya gak setuju maen usir wni keturunan, bukan itu, tapi kita harus kompak usir para pengkhianat bangsa itu, jadi wni keturunan juga harus sadar kalo mereka kita butuhkan untuk bangun negeri ini, bukan bangun RRC. Tanah leluhur okelah, tapi mereka kan tinggal di sini, kita sudah hidup bersama ratusan tahun, sudah semestinya mereka cinta negeri ini. Sekarang ini cengkeraman mereka makin kuat, indonesia cuma mau dijadikan tempat pemasaran produk2 RRC, karena itu industri kita gak beranjak cuma jadi perakit dan pemasar. Nah, untuk yang muda2, ayo kita buang sikap primordial, kita semua wni bangun negeri kita, ambil alih konglomerasi dengan industri dan pasar yang terdistribusi, bukan monopolistik, apalagi kosnpiratif.

  15. Dari hutang sampe ke perselisihan……

    Masih aja ribut masalah duit…..
    Lebih baik kita patungan gitu kek, buat bayar utang Indonesia…

    Walaupun cuma nyumbang seratus, itu sudah cukup membantu….
    300 juta rakyat indonesia pada nyumbang seratus rupiah, Totalnya bisa nyampe 30 Milyar, gmana kalau pada nyumbang seratus ribu? Sejuta, atau sepuluh juta?

    Terserah mau nyumbang berapa…
    Yang penting bisa lunas…

  16. aneh…itu lah orang indonesia ilmu belom seberapa ngomongnya udah selangit udah kayak professor….mang iya ya utang indonesia yang banyak itu karena org chinese…..g yang kuliah di UI aja gak ada tuch di ajarin klo utang luar negeri kita itu karena itu…..sedangkan pemikiran ekonomi Indonesia itu kebanyakan di gerakan oleh lulusan ekonomi UI, liat aja dari dulu menteri perekonomian dll kebanyakan org/dosen UI….jadi masa’ sich mereka gak tw utang indo karena ap…nach slama di ajarkan masalahnya gak ada tuch disebut2 karena org chinese…jadi tolong ya klo jadi orang Indonesia tuch udah tw bener baru ngomong…g malu banget sbgi org indonesia….wajar aja indonesia tetep ancur wong org2 tuch gak bisa menghargai dan selalu iri sama org….biarin aja mereka itu sukses biz wong kitanya bego sich mw di bego2in juga…..klo pun mereka itu sukses wajar aj wong mereka itu kan usaha dagang/bisnis…liat aja muhammad aja ngajarin cara supaya cepat kaya itu ya lewat dagang..sedangkan org indonesia itu mwnya cita2nya cuma jadi pegawai negeri..gimana mw jadi kaya…..biz itu iri deh…biz iri trus rasis deh…

    • Menarik, Nabi Muhammad memang mengajarkan kita jadi pedagang tapi masalah nya orang Indonesia mau cari gampangnnya, jadi pengusaha tidak gampang.
      Coba kita lihat kalau orang pada lulus kuliah paling gampang ngapain ? ya. cari kerja kan ?

      Nah, kalau orang pebisnis mau cari susah di depan, kalau lulus kuliah mikirnya “siapa yang mau utangin saya?” hehehe… Susah bayarnya? ya, kan tadi sudah di bilang kalau memang orang indonesia mau cari gampang. Coba kalau mau cari susah? ciptakan 1.000.000 Entreprenuer kalau 1 pengusaha menciptakan lapangan pekerjaan 10 orang berarti ciptkan 1 juta pengusaha akan menyerap 10 juta lapangan pekerjaan. Susah? ya, balik lagi mau cari susah apa cari gampang? hehehe

      Tjandra Danny
      Rahasia Kartu Kredit

  17. utang terusssssss yang enak pns & tni, gaji naik terussssssss tiap tahun, nanti rakyat yang nggak pns bayar utang terussssssssssssss

  18. Hutang Tanggung jawab semua rakyat Indonesia. Masalahnya orang Indonesia terlalu menyalahkan pemerintah. Baik dari Soeharto sampai dengan SBY.

    Memang benar hutang harus di bayar, Hutang itu baik dan mulia adanya…Asal…Tahu Caranya, dan bagaimana memanfaatkan hutang itu sendiri.

    Seperti kita ketahui, kebanyakan orang memiliki kartu kredit untuk apa? Konsumtif-kan ? hal tersebut bisa di jadikan cermin bagaimana pemerintahaan indonesia dalam mengelola hutang indonesia.

    Kalau bahasa jawa nya bilang “Lah…Wong, dari Rakyat bawah sampai Elite semuanya menggunakan hutang sebagai konsumtif BUKAN sebagai MODAL membangun bangsa ini?” Jadi…salahkan siapa ? PEMERINTAH? Atau Rakyat? Semuanya kembali ke masing-masing individu. SUDAHKAH KITA MEMANFAATKAN HUTANG menjadi HAL YANG BAIK?

    Tjandra Danny
    Rahasia Hutang Kartu Kredit

  19. Mungkin jual pulau bali aja ….soalnya kalau musti ngemplang kan malu, mau membangun fondasi ekonomi yang kuat perlu waktu yang lama, bahkan mungkin selama proses membangun fondsi ekonomi kita malah nambahin utang lagi dengan dalih untuk biaya operasional, dll
    …..Thx

  20. klo kta lihat ya sbenarnya kmampuan pemerintah untuk membayar itu ada, nah yang jadi permasalahan adalah belum bersatunya para elite politik indonesia dalam menghadapi permasalahan bangsa. coba kita lihat klo ada semangat seperti itu bukannya mustahil toh utang indonesia lunas, skrng kl dilihat dari apbn ind yang sudah nembus 100trilyun lebih, plg g pasti deh kemampuan membayar utang indonesia bertambah, jika di era pemerintahan megawati(APBN 600 trilyun lbh ) kemampuan membayar utang indonesia hanya beberapa puluh trilyun saja, nah kl sekarang bsa ningkat mungkin bsa ratusan trilyun kali ya kmampuan byr utangnya. saya yakin kok ind sanggup byr utang asal yang ngurus(pemerintahan) kompak semua… kl masalah etnis kta jangan bawa2 itu lagi, mending dilihat inti permasalahanya yaitu kemampuan pemerintah membayar utang… Peace for all

  21. wah…guys..
    dsni kita d ajak utk mencba memecahkan mslah,bukan memperumit mslah..
    apa lg membawa nama etnis…
    Hayooo….kita bntu cari solusi…
    smua utang kita kembali lg k setiap individu masing2….
    sbnarnya yg perlu di perhatikan adlah anggaran utk stiap daerah…
    ya klo sdh tau indonesia bnyak utang…
    hrusnya para pjabat lah yg hrsnya mengerti…
    mngkin sja dgn mengurngi gaji/bulan. dan lbh memperhtikan APBD ,,apakah anggran yg dbutuhkan itu bnr2 sesuai dgn apa yg d btuhkan. atau pemerinth melebih2kan yg sisanya bs di sisi kn di dlm Rekening.

  22. dan sy yakin dgn bgtu…akan sedikit demi sdikit mengurangi pinjaman negara indonesia trhdp us. tp tuh imposible bnget ya….
    dgn utang 10-15 juta aja masih urang…apa lg d suruh utk berkorban dgn mengurangi gaji/bulannya..

  23. aslkm…
    eh,,aku lagi ngerjain tgs nie,,,
    mu nyari data tentang hutang luar negri Indonesia…
    aku cari di search kagak ada….

    tolong dicariin dunk,,,,

    kirim k email, frienster,YM, Fb…ok!!

    thx

  24. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Nasionalisasikan aset-aset Indonesia yang penting terutama yang berhubungan dengan sumber daya alam……
    Di papua,kalimantan dll. Klo Indonesia bisa mengurus sendiri bisa untuk nambah APBN dan menyicil utang luar negeri…
    Percuma jika Sumber daya Alam kita tidak kita urus sendiri.
    Tolong untuk Para Pejabat-Pejabat dipikirkan…
    Kalian dipilih salah satunya untuk memikirkan masalah bagaimana cara mengurangi utang luar negeri bukan menambahnya dan membebankan ke anak,cucu dan cicit…..
    Kalian terpilih dan sudah diberi amanah…..
    Tolong dijalankan amanah tersebut…
    Terima kasih

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  25. Gua rasa mending kita keluar pulau dan bangun potensi di luar jawa dulu.
    Kaya kita bangun pelabuhan di papua usaha penangkapan ikan atau daerah lain yang strategis yang hasilnya langsung dengan mudah kita eksport ke luar negeri kaya jepang gitu.
    Dagangnya yang lumayan murah aja + barter pupuk hasil pengelolaan sampah dari sana.
    Nanti bisa dijual ke jawa buat petani. Dan akhirnya nanti tercipta cycle ekonmi.

  26. sampe sekarang bangsa ini berdiri karena kok…dan kita dapat makan juga karena utang…mari jangan saling menyalahkan dengan unsur sara…sampai kapanpun seluruh tiap negara diseluruh pasti punya hutang…amin.

  27. Ngutang sah-sah saja. Bank-bank, pegadaian, leasing, rentenir keberadaanya untuk yang mau berutang. Faktor yang paling penting adalah berutang harus bisa bayar, syukur kalau berutang untuk cari untung (investasi). Jadi berutanglah dengan cara yang profesional, jangan berutang cuma karena tetangga punya mobil baru. Salam buat semua, baik sipit, belo, jereng, atau merem melek. Daaaaaggg…..

  28. haha akhirnya saling menyalakan, mau sampai saling bunuh pun tidak akan menyelesaikan masalah, mungkin inilah yg di sebut takdir, cina, melayu, jawa, semuanya makhluk ciptaan Tuhan, apakah ada orang yg seblm lahir bisa memilih mau terlahir sebagai eknis apa, mau di lahirin di negara mana, mau terlahir sebagai orang miskin atau kaya, semuanya di tentukan oleh yg kuasa, JADI KALAU hutang kita mau lunas, TINDAS SEMUA KOROPTOR MULAI SEKARNG

  29. Well guys dr pd qt nyalahin etnis tertentu mending qt putar otak agar negara qt free dr utang LN. G lucu kan kalau negara qt d kenal suka ngutang tapi g mampu bayar.

  30. Wahai saudara2 smuanya.
    ketahuilah, bahwa perbedaan itu indah dan perbedaan itulah yang buat dunia ini berwarna.
    Kalau masalah ekonomi atau hutang negara yg membengkak, itu adalah akibat para koruptor yg tidak mengelola pendapatan negara secara jujur untuk kekayaan sendiri….
    Jdi yang merasa hutang negara akibat dari salah satu etnis, itu salah BESAR…
    Kita semua adalah saudara, yg lahir dari Adam dan Hawa, jd smua manusia di dunia itu adalah saudara….menjelekkan suku/etnis lain, berarti menjelekkan saudara sendiri..
    Nenek moyang Kita adalah satu, Bahkan Nabi2 yang ada, tidak pernah mengajarkan umatnya untuk membenci perbedaan.
    Saya tersanjung dengan saudara2 yang bijaksana dan sngat saya Appreciated…
    Bagi saudara2 yg masih menganggap hancurnya bangsa ini krna salah satu etnis, mka berpikir kembali dengan bijak dan renungkan la ap yg telah saudara ucapkan sudah benar atau tidak? pepatah mengatakan “Mulut Mu Harimau Mu”
    suatu hari jika omongan kita tidak dijaga, maka akan bearkibat buruk pada diri sendiri….
    Salam Damai Indonesia…
    Knight……..

  31. Kok cuma omongin pengusaha, pejabat2 yang ngutil devisa dan hutang luar negeri indonesia gak diomongin ya. Justru itu yg bikin utang luar negeri membengkak. Pengusaha hanya kambing hitam supaya pejabat korup kagak diusut.masih banyak rekening2 gendut yg lain. Betul saudara saudaraku sekalian

  32. salam semua..

    Pendapatan negara sebagian besar dapat dari pengusaha cines. Dan pengeluaran negara banyak buat rakyat miskin dan bantuan sosial lain untuk (pribumi). Kalau anda mau membedakan etnis, bisa. Yg menguntungkan negara boleh tinggal yg merugikan harus di usir, maka yg di usir adalah pribumi karena menjadi beban negara. Jadi jangan asal bicara kayak orang ga pernah tau pendidikan. Ataukan mungkin kebanyakan org indonesia mempunyai pemikiran SEDANGKAL KALIAN (yg membedakan etnis).
    Kalau mau bisa CICIL HUTANG NEGARA, MENGGAJI RAKYAT MISKIN INDONESIA. buat satu kota seperti LAS VEGAS, USA.. Negara Kurang modal kumpul pengusaha Chines buat inves, bukan cari penduduk asli yang berguna cuman buat ngemis di samping lampu merah JKT. Thx…

  33. Mengapa sih kok hutangnya malah eningkat ??? seharusnya, bila indonesia ini mempunyai hutang negara SEGUDANG, seharusnya tiap tahun, hutang itu semakin sedikit. dan siapakah orang yang menghutang-hutang uang negara juga sih ??? apa tidak ada orang yang lain. kalau indonesia tetap tdk bisa membayarnya. pasti yang di hutangin ma indonesia bakal menghancurin indonesia hidup-hidup. gw sebagai warga indonesia. ingin menyampaikan KEPARAT-KEPARAT PEMERINTAH Y.A.N.G KORUPSI !!! MENGAPA ANDA SEBAGAI PEMERINTAH KOK MALAH BERBUAT YANG DOSANYA BESAR. saya sangat sungguh-sungguh bersyukur, karena, pemerintah yang sukanya mengatur-ngatur orang ternyata KORUPSI. dan kalau bisa di penjara SE UMUR HIDUP..!!! thx

  34. hutang sekarang untung kemudian tapi tiap tahun tutup lobang apbn, kl apbn 1000 t ngak dibolongin 20 % 50 t ya ngak perlu pin jam yang bolongin tu siapa. kl org ciness tau sekali setiap ruiah pinjaman untk apa wl pinjam MM tapi mereka tidak pleserian dari uang tsb kl sdh kaya nanti 5 % utk plesiren, 70 % tambah modal sisanya buat jaga2, uang diamankan ke singapora dan cinese untuk kelancaran bisnis dan merasa lebih aman. sy 100 asli indonesia tapi mau seperi mereka

  35. kalian ini yah tolol bin goblok.. KALAU BANGSA KITA PUNYA HARGA DIRI YANG TINGGI GA MUNGKIN ADA PEJABAT YANG BANTUIN ORANG KETURUNAN DI INDONESIA. DAN ORANG KETURUNAN DI INDONESIA JUGA TIDAK SEHINA ITU MEMBAYAR WARGA PRIBUMI.

    JADI 2-2 NYA GA PUNYA HARGA DIRI, MASIH DIRIBUTKAN.. COBA TANYA DIRI SENDIRI, APA LO BAYAR BIKIN KTP YANG SEHARUSNYA GRATIS. GA PRIBUMI GA YANG KETURUNAN, SAMA AJA!!

    Kalau mau maju, setiap element dinegara ini harus kerja sama. dengan satu tujuan, kapan kita akan bangga mengatakan “SAYA ORANG INDONESIA” di luar negeri??

    cerminkan diri kalian masing-masing.. daripada saling menghina!

  36. yang saling salah kan lagi ni,,, begini ya kalau menurut saran saya, agar Indonesia bisa bayar hutang dg jangka waktu hanya 1 tahun ” KUASAI SEMUA ASET NEGARA DENGAN CARA WNA DI LARANG MEMEGANG ASET NEGARA APALAGI MENJADI PEJABAT “

  37. kalau menurut saya, semua problem yang ada dinegara kita penyebabnya adalah kita sendiri, bukankah negara kita memaka sistem demokrasi? bukankah semuanya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat? jadi jika memang kita hendak menyelesaikan problem internal negara kita, mari kita ganti ssitem parlementer yang berasaskan demokrasi yang saat ini telah berjalan pincang. maka semua problem tersebut muncul dari rakyat sendiri.sistem demokrasi yang liar benar-benar telah melahirkan rezim koruptor yang sulit dibendung. semestinya dalam pemilihan presiden dan wapresnya mengedepankan pilihan orang-orang waras, buka melibatkan semua penduduk…bukankah penduduk indonesia ini ada yang pelacur, pengamen, koruptor, penjahat, pencuri, penikmat ganja, dan lainnya?bukankah jika mereka diikut sertakan dalam pemilihan umum hanya akan memperkeruh hasil pemungutan suara?……

  38. kapan lunasnya,sampai uban rata tanah.terimakasih pada rakyat indonesia.siapapu pempinnya entah korupsi ? kita tetap bayar pajak………..sungguh malu…….tiada penhargaan bg rakyatmu……….

  39. dari awal budaya mayoritas orang indonesia sudah salah hingga membuat masalah begitu kompleks hingga terlalu susah untuk diselesaikan
    indonesia membutuhkan orang yang bisa merubah cara pikir orang indonesia, supaya indonesia bisa seperti penduduk negara singapore

    saya rasa sangat benar sekali jika kita meniru orang chinese di indonesia atau orang bule dari segi cara pikir dan gaya hidup, kalau cara pikir kita ala indonesia, tungggu tanggal hancurnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s