Berbagai Pendapat Tentang Film Fitnah

Setiap manusia pasti menginginkan mendapat suatu pesan yang bermanfaat dari sesuatu yang sedang dikerjakannya. Misalnya ketika sedang membaca buku, pasti kita menginginkan mendapatkan ilmu dari buku yang kita baca. Begitupun ketika kita sedang menonton film.

Dalam sebuah film yang baik adalah ketika film tersebut membawa dampak yang baik terhadap penontonnya. Dan sudah menjadi suatu keharusan untuk pembuat film membuat film yang sarat akan pesan.

Baru-baru ini ada film FITNAH, film ini dibuat oleh anggota parlemen Belanda Geert Wilders, dan saat ini film ini sedang mendapatkan perhatian yang besar dari berbagai kalangan terutama ummat Islam. Berbagai perdepatanpun muncul, coba lihat disini:

Ini adalah beberapa situs yang berpendapat bahwa film fitnah adalah film yang melecehkan agama Islam. Apa sesungguhnya maksud dari pembuatnya????? apakah hanya ingin menjadi terkenal????atau mencari keuntungan semata????
Semoga ummat Islam tidak terpancing emosinya sesudah menonton film ini. Jadi bersabarlah, ok

39 thoughts on “Berbagai Pendapat Tentang Film Fitnah

  1. Saya tidak mendiskreditkan film ini hanya menganalisanya menurut semiotika film, lagi pula Achmed The Dead Terrorist sebenarnya lebih menakutkan dari Fitna, buat lebih jelas mengenai apresiasi semiotika film Fitna dan Achmed The Dead Terrorist silahkan lihat dan comment di http://ahmadriza.wordpress.com/ , buat mbak moderator, maturnuwunn…

  2. hmm kayaknya “si KAFIR” senang dan tertawa dengan Film FITNAH ini, semacam Dendam Kesumat karna TRAGEDI FILM DA VINCI CODE..hehehe KASIHAN YAH MEREKA.

  3. Misi… numpang lewat… Hehehe…
    Ok juga… bgthu nyari di search engine about Fitna the movie… eh blog Mbak yg pertama kali muncul! : )
    Oh iya… tukeran Link dunk Mbak! Skalian promosi. Hehehe… Kan sesama Blog Walking.

  4. halah.. loe orang di bodoh2in sama ne belanda, walaupun gw non muslim, tp harap abang2 dan tante2 muslim berpikir dingin dahulu.. apa kalian mau di samakan ama orang yang melakukan tindakan pengeboman dan tindakan kejahatan2 yg ada di cuplikan film tersebut??
    kalo mau sih, silakhan aja cari tuh orangnya, trus di bakar.. biar masuk film FITNA 2ND, setau gw sih, orang2 yg ada di film FITNA itu gak pantes di sebut muslim, mereka sama aja kayak orang2 aliran sesat, (contohnya dah banyak di Indonesia), masa ngegorok leher orang dan sampe ngebomb tempat2 umum gitu.. mungkin ada 1 pesan dari gw neh “Kasihilah sesamamu seperti Kamu mengasihi dirimu sendiri.”

    Gw kagum sama muslim yang bener2 mencintai Allahnya tanpa harus melakukan tindakan kekerasan.

    Karena Allah benci kekerasan.

  5. 1. Riza, yach semoga kita tidak terpancing emosinya. Mau dijelekkan seperti apapun, semoga kita tetap mencintai ISLAM dan Allah
    2. Oviline, iya kasihan deh mereka
    3. Achoey, Mereka memang tidang mengenal Islam. Islam adalah agama yang Indah. Betul….
    4. Dwi Yanto, aku dah nampilkan pendapatmu di linkku
    5. Rizki, Setuju……Islam tidak seburuk yang mereka kira
    6. Kamal87, ok deh aku masukin tapi mana blogmu
    7. Sultanhabnoer, pastinya selain menjadi terkenal pasti uangnya pun bertambat walaupun mendapat kecaman
    8. Addiehf, Memang sih tapi maksudnya baik yaitu kita saling mengingatkan untuk tidak terpancing emosinya
    9. Y2n, boleh juga kita tukeran link
    10. Widhy, Yup semoga ummat Islam tidak membuat film seperti itu
    11. Angger, He…he…memang kita sedang diuji kesabarannya. semoga pihak yang berwenang dapat melakukan keadilan yang seadil-adilnya
    12. Do2ganteng, peace…………
    13. Must_zen, iya aku pingin tau gimanih komentar dari orang Londonya sendiri. Makasih ya

  6. yg buat film fitna bukan wilders tapi sebagian orang islam itu sendiri, coba deh tonton,
    teriak2 nama Tuhan sambil acung2kan pedang bahkan sambil memnggal orang.
    saya sedih, sedih thd orang2 yg ada di dalam film fitna tsb (bukan pada wilders), menurut saya pemahaman mereka thd hidup dan kemanusiaan sangat sangat sangat rendah.

  7. bukan fitnah saja yang sudah mencoreng islam tapi begitu banyak sinetron-sinetron di indonesia yang mencoreng agama islam? apa islam identik dengan kekerasan? terorisme? kubur terbongkar? perut keluar cacing? pocong minum kopi? kalajengking cari mangsa? sapa yang buat sinetron itu? orang-orang agama islamkan? terus napa baru sekarang mata melotot liat FITNA/ terlambat euh…..

  8. Judulnya aja sudah “FITNA” alias “FITNAH” otomatis isinya hal-hal yang berbau fitnah yang artinya semua visualisasi dan komentar yang ada didalam film tersebut adalah “SESUATU YANG TIDAK BENAR”,”TIDAK SESUAI DENGAN YANG SEBENARNYA”.

    Jadi kita sebagai umat muslim tidak perlu “MARAH”. Seandainya kita menghujat si pembuat dapat dengan mudah berkelit “ITU KAN CUMA FITNAH” Bagi yang percaya dengan cerita tersebut maka tersesatlah dia dan bagi yang tidak percaya maka beruntunglah dia.

    “INGAT” FITNAH (Membicarakan sesuatu yang tidak benar tentang keburukan apapun atau siapapun dengan tujuan menghinakan) dan GHIBAH (Membicarakan hal-hal yang benar tentang keburukan sesuatu atau seseorang dengan tujuan menghinakan) dosanya sama-sama besar “OKE…..???”

  9. Dari seluruh keyakinan yang ada didunia ini,penghuni surga adalah para pembunuh itu seperti yang ada di dalam film fitnah.Kalau mau dicerna dengan otak manusia sbg ciptaan Tuhan Yg Mulia, sy tdk memilih ajaran spt itu(coba renungkan film tersebut)….& jgnlah terlalu banyak kemunafikan dengan kata2 yg indah2,”lebih baik menjadi kafir daripada beragama tetapi pembunuh…….haaa..haaa…

  10. Meski Islam difitnah dari sudut apapun juga, itu tidak akan menyurutkan keimanan saya, dan juga tidak akan mengurangi rasa hormat saya kepada saudara2 saya non Muslim lainnya. Karena saya tahu, bahwa saat ini, agama sudah menjadi produk politik.

    Sebetulnya, isu agama yg dipolitisir tidak hanya terhadap Islam, terhadap agama2 lain juga sudah sering. Hanya, isu Islam jauh lebih “enak” buat mainan.

    Adalah lebih baik bila kita mencoba untuk arif dengan tidak terpancing secara emosional. Sehingga, kerukunan kita dengan tetangga kita yang berbeda agama tidak ikut2an terganggu… Mempertahanklan persaudaraan antar sesama manusia, jauh lebih berharga, daripada melayani kerjaan manusia yg tidak beradap tersebut…

    Semoga Allah, merahmati kita semua…

  11. Sukron fikri dah di masukin, kita pantas marah untuk hal seperti ini kalo kita sampe tidak marah ??disangsikan keimanan kita!!! namun bukannya membalas dengan kekerasan tapi marilah kita tunjukkan bahwa Islam itu agama yang mulia jauh dari kekerasan…Islam adalah Agama yang sempurna jadi ikutilah Alquran dan Hadits untuk menanggulangi hal-hal seperti ini.wassalam

  12. Ping-balik: 31 Maret 2008 « DensS cessario

  13. sebagai seorang muslim,,gw sendiri cuma bisa sabar…mungkin ini memang cobaan dari Allah…semoga kita bisa lebih ber iman lagi (Aminn!!)
    kalau kita ngebales..dengan cara yang anarkis…berarti kita ngga jauh bedanya sama yang ada di film itu….mending lebih berpikir dingin…

    karena Islam ngga pernah mengajarkan kekerasan seperti itu…semua
    tergantung manusianya

    semoga hati kita lebih di tabahkan dalam menghadapi masalah
    ini….

    ^_^!!

  14. Ini cuma islam yang lain bukan islam yang sering beribadat dan taubat.

    Aku denger ini dari orang belanda yang lakuin, tapi bukan yang agama kristen.

    Pemerintah belanda dan perkumpulan agama kristen dan islam juga kewalahan tuh…….

  15. Kenapa pada ribut sih? he he. Di sekitar kita, kadang ada satu pemerintahan daerah yang sangat bersemangat untuk menerapkan syariat Islam dengan –misalnya– aturan wajib jilbab, dibalas di daerah minorits muslim dengan larangan berjilbab. Soal apakah masyarakat berprilaku islami atau tidak katanya menyusul… Islam simbolik begini sangat banyak di negeri kita. Marah jika sombol Islam diusik, tapi tidak maslaha jika dia sendiri tidak berprilaku Islami.

    Andai film FITNA kita biarkan saja, maka mereka akan bingung sendiri. Andai kita bereaksi keras apalagi anarkis, ya itu memang tujuannya dan justru menjadi salat pembenar dari isi film FITNA, bahwa Islam memang mengajarkan terorisme. Bahwa makna jihad tidak sedangkal itu, toh reaksi kita mengaktualisasikan kedangkalan beragama itu.

    Setuju sekali bahwa harusnya kita jangan emosional dan terpancing. Kenapa tidak menjadikan kasus-kasus pelecehan agama sebagai penyemangat untuk mendidik kaum muda agama kita dengan pendidikan yang mampu menyaingi mereka, agar setiap upaya pelecehan dapat disikapi dan dijawab dengan aksi setara, tidak dengan aksi tunggal dan berulang : demo, merusak, cekal, bakar, dan sejenisnya.

    Bahwa kita marah, itu normal! saya juga marah. Tapi apakah tidak ada cara marah yang menyelesaikan masalah?. Nabi Muhammad saat didholimi dengan cara-cara di luar nalar beliau malah berdoa : “Ya Allah, berilah mereka Hidayah, karena sesungguhnya mereka tidak tahu”. Begitu manisnya contoh yang diberikan, sampai kebanyakan kita tidak mampu menirunya. Alasannya? “kita bukan nabi”, lho…..?

  16. Terus terang aku merasa tersinggung dengan adanya film fitnah tentang agama yang sempurna ini.
    kalau pihak yang merasa dirinya bertantung jawab akan ISLAM ini tidak bertindak Maka kami penerus nabi Terakhir ini. akan bertindak dengan sendiri.
    kami yang mengatas namakan penerus nabi terakhir bersumpa akan mebalas semua yang telah dilakukan terhadap agama kami.

    ALLAH HUAKBAR

    cam kan itu baik-baik……………………………………………………???

    ISLAM adalah agama yang sempurna bukan kayak agama si pembuat film itu.dan ISLAM tidak sekejam itu. ISLAM tidak mengajarkan seperti itu.
    jadi kita para umat ISLAM yang mengeti dengan ISLAM jangan cuma tinggal diam,kita harus bersatu untuk melaknad siapa saja yang memerangi ISLAM.
    wahai sodaraku seiman dan seagama.mari kita bersatu untuk Kejayaan ISLAM.

    ALLAH HUAKBAR ALLAH HUAKBAR ALLAH HUAKBAR.

  17. ١سلم علىكم
    Sebagai orang islam yang baek…..
    q-ta g’ perlu marah yang berlebihan,cz ini semua merupaka ujian.
    orang2 londo sedang menguji kesabaran orang islam
    marah sih boleh,tapi g’ boleh yang muluk2 yach…
    cz,l0w ntar q-ta marah yang berlebihan,orang londo bakal jadi sombang lage…
    so,q-ta yang sabar az yach………………………………………………..
    wassalamualaikum

  18. sebagai orng islam pasti kita akan marh bila agama kita dijelak2kan seperti itu
    tapi apakh itu harus dilakukan dengan emosi..
    wahai semua saudara q …..mulailah kita redam amarah kita,ingat kita masih punya ALLAH yg selalu melindungi kita…
    jagalah hati kita jng ada rasa benci…

    karena bila kita ikut emosi mereka akan merasa SENANG krena mrka sudah berhasil membuat umat ISLAM marah besar….

    dan ini akan membuat pandangan orng salah terhdap agama kita….kita boleh menampik itu semua tapi dengan cara yang benar INGAT KITA MASIH PUNYA ALLAH YANG AKAN SELALU BERSAMA UMATNYA …
    PERCAYAKAN SEMUA KEPADANYA….

    Marah boleh saja tapi hati HARUS TETAP BERSIHHHHHHHHHHH…
    OCHEEE..

    ALLAH HUAKBARR…

  19. Ping-balik: indra kharisma » Blog Archive » yang lagi jadi tren, Fitna , reaksi yang berlebihan?

  20. to ANDHY BOGEL
    kalo yang buat ternyata beragama Islam bagaimana??????
    kalo anda hanya marah2 dan mengutuk, apa bedanya anda dengan film itu?
    film itu NYATA dan PERNA TERJADI di dunia ini, jika anda berpendapat seperti itu berarti sama dengan si pelaku dari peristiwa2 yang terjadi dalam film tersebut!!!
    PS:semua agama mengajarkan hal yang baik, bila tidak itu namanya bukan agama melainkan AJARAN SESAT!

  21. Ping-balik: Film “Fitna” Buatan Indonesia « Satori

  22. assalamualaikum.

    wahai saudara_saudaraku umat islam, janganlah kalian terpancing dengan adanya film fitnah itu karna sesungguhnya
    mereka membuat film itu berlatarbelakang ingin memancing
    kemarahan umat islam…apabila kita terpancing dengan adanya film itu maka mereka akan merasa bangga…
    kita boleh saja marah tapi jangan malah merusak citra
    sebagai orang islam…cepat atau lambat mereka-mereka
    pembuat film fitnah itu akan mendapatkan azab dari Allah.

    allah huakbar

    wassalamualaikum.

  23. itu hasil dari kefanatikan. disini islam yg dominan sehingga ingin menyingkirkan agama lain dan semena mena. begitu pula di belanda. yang berkuasa di sana adalah agama kristen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s