Mengoreksi Tesis

Senin, 28 April 2008 saya dan teman-teman sekelas mendapat tugas untuk mengoreksi proposal tesis milik kakak kelas. Mengoreksi tesis ini terkait dengan mata kuliah Methodologi Penelitian Pendidikan dan persiapan kami untuk menulis tugas akhir yaitutu mengajukan proposal tesis. Kami diberi waktu kurang lebih satu minggu untuk mempelajari tesis ini. Untuk melihat dimana saja letak kesalahannya.

Sempet takut juga kami mengoreksinya, apalagi ini tesis pastinya pembuatannya sudah dipersiapkan dengan matang dan proposal ini sudah lulus untuk dilanjutkan menjadi tesis. Tetapi ternyata, “memang tidak ada karya yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik ALLAH”, begitu banyak kesalahan yang dibuat oleh sang penulis dari segi judul tesis yang kurang sesuai dengan kaedah EYD dan judulnya kurang tepat penulisannya, teknis penulisan yang tidak menuliskan sumber tabel, footnote yang tidak sesuai dengan daftar pustaka, atau tata cara pengutipan yang tidak sesuai dengan buku panduan penulisan karya ilmiah. Di latar belakang juga tidak disebutkan alasan penulis menulis judul tersebut, susunan penulisan juga tidak terstruktur dengan baik karena memang tidak sesuai dengan buku panduannya. Dan masih ada beberapa hal yang lain.

Yach ternyata mengoreksi mudah juga, gak sesulit yang kami banyangkan. Tetapi ini akan jadi pembelajaran yang berharga buat kami karena jika nanti kami membuat proposal tesis setidaknya kami tidak akan mengulangi kesalahan yang dibuat oleh kakak kelas kami ini. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s