“Kenaikan Harga BBM” Kado Terindah Pemerintah Untuk Rakyat

SBY saat ini sedang resah mengenai kepeutusannya akan menaikkan harga BBM. Rencana ini menurunkan pamor beliau dimata rakyak Indonesia. Terlihat dari banyaknya kalangan yang kurang setuju dengan adanya kenaikan BBM.

Kenaikan BBM yang mulanya seharga Rp. 4.500,-/liter akan naik menjadi Rp.6.000,-. Jika dibandingkan dengan negara lain, harga BBM di Indoensia jauh lebih murah (lihat disini). Terlihat dari tabel tersebut kalau Indonesia harga BBM nya termasuk murak tetapi jika kita bandingakan dengan pendapatan rakyat mereka pastinya pendapatan rakyat Indonesia jauh dibawah rata-rata. Kita lihat dalam daftar Malaysia haraga BBM nya Rp. 4.876,- tetapi pendapatan mereka jauh sekali dibandingkan negara kita. TKI yang menjadi pembantu saja dapat digaji lebih dari 1 juta, sedangkan pembantu di Indonesia paling diatas 500 ribu. Jadi cocok aja dong jika harga BBM di Malaysia mahal karena sesuai dengan tingkat pendapatan rakyatnya.

Dampak negatif dari kenaikan BBM adalah makin susahnya rakyat miskin di Indonesia. Misalnya para sopir angkot, mereka akan lebih susah lagi karena setoran mereka akan berkurang tetapi ketika mereka akan menaikkan tarifnya juga tidak mungkin.

Atau dengan adanya kenaikkan BBM rakyat Indonesia akan lebih mengadari akan pentingnya SDA karena Batubara dan Minyak Bumi adalah SDA yang tidak dapat diperbaharui. Jadi rakyat Indonesia bisa lebih hemat lagi dalam penggunaannya. Karena penggunaan BBM di Indonesia lebih besar daripada produksi yang dihasilkannya.

Salah satu solusinya adalah pembatasan kendaraan bermotor, baik itu mobil pribadi dan motor. Dengan cara pemberikan pajak tinggi pada mobil-mibil mewah dan pembatasan kepemilikan mobil dan juga pembatasan umur kendaraan. Dan juga pemberikan harga tinggi untuk parkir.

Tetapi hal in harus dibarengi dengan perbaikan fasilitas angkutan umumnya. Karena bagaimanapun angkutan umum di Indonesai sudah tidak layak pakai. Bagaimana orang yang terbiasa dengan mobil pribadi mau naik angkutan umum jika anggutan umumnya masih seperti sekarang??? wah pasti mereka gak ada yang mau dong.

Semoga ini akan menjadi pertimbangan pemerintah. Karena memang kenaikkan BBM akan merugikan rakyat. Tetapi jika tidak dinaikkan maka akan lebih membuat rakyat kecil menderita lagi. Jadi ikhlaskan saja, ok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s