Belajar dari Negara China

Perlehatan akbar empat tahunan akhirnya berakhir. Olimpiade Beijing kemarin ditutup, acara penutupun dilakukan dengan meriah walaupun tidak semeriah ketika pembukaan. Semua orang terkesan dengan Olimpiade kali ini. Walaupun sebelum Olimpiade di mulai sudah begitu banyak demonstrasi yang menentangnya. Selain itu banyak yang menyangsikan Olimpieade Beijing akan berjalan dengan aman.

Tetapi semua tidak terbukti, sampai acara Oliempiade berakhir kemarin acara Olimpiade berjalan dengan lancar. Tidak terjadi suatu halangan apaun. Banyak pengamat yang menyatakan Olimpiade kali ini akan membuat China bangkrut, karena China mengeluarkan begitu banyak dana untuk memperbaiki fasilitas olahraga, jalan, trasportasi, hingga memperbaiki tempat-tempat wisata. Kenyataan itupun ternyata tidak terbukti. Dari Olimpiade ini, China mendapatkan banyak keuntungnya. Dari begitu banyaknya wisatawan yang berkunjung. Karena wisatawan tersebut datang tidak hanya untuk menjadi suporter, mereka juga datang sebagai wisatawan karena di China begitu banyak tempat wisata.

China kali ini menunjukkan ketangguhannya sebagai salah satu negara terbesar di dunia. China memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Beberapa tahun belakangan China menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut ditunjukkan dari berbagai bidang, baik itu dari bidang politik, ekonomi, hingga pariwisata. Dan China juga menunjukkan kekuatannya di bidang olah raga dengan menjadi juara umum mengalakan negara adidaya Amerika dan Rusia yang hanya mampu menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Produk-produk China pun tersebar ke seluruh dunia, membuat pusing para pesaingnya. Produk dari China dijual dengan harga murah tetapi memiliki kwalitas yang baik. Jadi jangan heran jika produk China menjadi incaran.

Lalu kenapa Indonesia belum bisa menjadi seperti China, partanyaan yang sulit dijawab mungkin. Karena Indonesia dan China memiliki beberapa kesamaan. Dari jumlah penduduk yang banyak, wilayah yang luas, dan memiliki begitu banyak obyek wisata. Mungkin Indonesia memiliki kelebihan lain yaitu begitu banyak kekayaan alam yang dimiliki seperti minyak bumi, batubara, timah, dan emas.

Tetapi kelebihan tersebut bukan membuat Indonesia berubah menjadi negara maju tetapi stak dipredikat sebagai negara berkembang. Perubahan China membawa dampak yang sangat positif. China mau memperbaiki diri dari semua kesalahan yang pernah dilakukan.

Jadi kenapa Indonesia tidak pernah mau belajar dari manapun???untuk memperbaiki diri menjadi yang lebih baik, selalu hanya sebuah wacana saja jika memang mau berubah tetapi belum ada pembuktiannya. Jadi mulai saat ini dan sekarang juga, jangan di tunda-tunda lagi. Semoga berhasil deh

3 thoughts on “Belajar dari Negara China

  1. setuju sekali dengan yang di katakan di atas..

    saya juga mendengar dari sallah satu temann qu di jerman,

    cita” dia bisa tinggal di china.
    alasan nya sama dengan apa yang telah di jabarkan di atas..

    tadi nya saya tidak percaya apa yang telah di katakan teman saya.. negara china negara yang berkembang , dan biaya hidup yang sanagt murah…
    tetapi , referensi yang lain yang membuat saya percaya kalo semua yang di katakan nya memang benar…

    saya jadi tertarik dengan negara china , someday i want visit china..

    thank you

  2. benar sudah saatnya kita belajar pada keberhasilan cina, kita sama bangsa asia, jumlah penduduk juga banyak, luas wilayah kita juga besar juga banyak kesamaan lain.
    Saya sendiri sempat juga ke Cina (kota Shenzhen) dan sangat terkejut melihat begitu tertibnya kota itu, modern dan fasilitas publik yang sangat nyaman

  3. Produk china memang brkwalitas khususnya di bidang elektronika,bnyk produk china yg diekspor ke indonesia,china memang negara yg maju,kapan ya aku bisa ke china?aku kagum dengan tempat wisata khas tionghua dichina bikin mata melotot teruz,saya berharap di indonesia nanti bnyk tmpat wisata kyak dichina,think

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s