Marhaban Ya Ramadhan

Ramadhan kembali datang, bulan penuh dengan rahmat dan ampunan. Pada bulan ini semua ummat Islam diperintahkan dan diwajibkan untuk berpuasa sebagaimana tertulis dalam Al Quran “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”(QS Al-Baqarah [2]: 183).

Bulan ramadhan merupakan bulan yang berbeda dengan bula-bulan yang lain. Pada bulan ini awal Al Quran diturunkan.Allah berfirman, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan , bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (natara yang hak dan yang bathil). Karena itu barangsiapa diantara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu”(QS Al-Baqarah [2]: 185).

Pada bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan ini. Pintu neraka ditutup, setan-setan dibelenggu, dan pintu surga dibuka. Rasulullah bersabda, “Jika bulan Ramadhan tiba maka pintu-pintu surga dibuka sedangkan pintu neraka ditutup, dan setanpun dibelenggu” (HR. Bukhari dan Muslim). Oleh sebab itu, pada bulan ini ummat Islam dapat berkonsentrasi dalam melakukan ibadahnya. Dapat menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang diharamkan Allah.

Ramadhan datang diperlukan persiapan yang matang, baik dari persiapan spiritual, mental, materi dan waktu. Karena bulan ini hanya datang sekali dalam setahun. Jadi marilah kita persiapkan segalanya dengan baik tuk memperbaiki puasa kita. Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga semua amal ibadahnya dapat diterima Allah SWT.

One thought on “Marhaban Ya Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s