Yuk Diet Nonton Sinetron

Sinema elektronik atau lebih populer disebut Sinetron merupakan sebuah tayangan sandiwara bersambung yang disiarkan oleh stasiun televisi. Sinetron diawal pembuatannya bertujuan untuk memberikan sebuah tayangan yang dapat menghibur penontonnya.

Ketika tahun 90-an, sinetron belum sebanyak saat ini, saat ini tayangan di TV dipenuhi oleh sinetron. Contohnya saja Indosiar, mulai jam 15.00 sampai tengah malam tayangannya dipenuhi sinetron, mulai dari Kasih dan Amara, Tangisan Isabella, Mua’llaf, Inayah.

Tujuan dari sinetron sekarang sudah mulai berubah. Dari yang niatnya ingin menghibur tetapi sekarangĀ  sinetron dibuat menjadi berpuluh-puluh episode kebanyakan karena tujuan komersial semata-mata sehingga dikhawatirkan menurunkan kualitas cerita, yang akhirnya membuat sinetron menjadi tidak lagi mendidik, tetapi hanya menyajikan hal-hal yang bersifat menghibur.

Hal ini banyak terjadi di Indonesia yang pada umumnya bercerita seputar kehidupan remaja dengan intrik-intrik cinta segi tiga, kehidupan keluarga yang penuh kekerasan, dan tema yang akhir-akhir ini sangat digemari yaitu tentang kehidupan alam gaib.

Lihat saja sinetron Inayah, yang kebanyakan jalan cerita sudah tidak masuk akal dan dibuat-buat. Contohnya masak ada anak bayi yang makan pisang satu tandan (gak masuk akal banget khan). Hal seperti ini akan memberikan pengaruh yang kurang baik bagi penonton terutama penonton cilik.

Hal ini sangat disayangkan karena sinetron memiliki jam tayang di jam-jam yang banyak ditonton. PH-PH yang ada seharusnya lebih cerdas lagi dalam membuat ide cerita, jalan cerita dan jangan terlalu banyak membohongi publik.

Saya lebih setuju jam tayang sinetron dikurangi. Dan pemerintah, terutama KPI lebih teliti tayangan yang patut ditonton atau tidak. Atau orang tua lebih baik mendampingi putra putrinya ketika menonton. Jangan biarkan putra-putri anda menonton sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s