Senyum itu indah

Apa yang kita rasakan ketika kita melihat orang tersenyum?. Menurut saya, senyuman yang tulus dapat memberikan refleksi kejiwaan positif kepada orang lain. Senyum merupakan gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dsb.

Tetapi terkadang tersenyum itu sulit. Apalagi jika kita dalam keadaan marah, kesal, BT, emosi, atau capek, senyum akan menjadi suatu hal yang mahal untuk dilakukan. Senyuman yang kita lakukan ketika kita tidak dalam keadaan senang akan menimbulkan senyuman yang tidak tulus, orang disekitar kita dapat merasakannya.

Tersenyum tidak membutuhkan biaya, murah meriah tetapi dapat memberikan manfaat. Tersenyum juga dapat menciptakan kebahagiaan dan membangun kebahagiaan. Nabi Muhammad telah memelopori pentingnya senyuman agar memberikan rasa nyaman kepada orang lain. Rasulullah pernah memotivasi para sahabatnya tentang makna senyuman itu. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, Rasulullah berpesan, “Janganlah kalian menganggap remeh kebaikan itu,  walaupun itu hanya bermuka cerah pada orang lain,”.

Senyuman kini telah dikembangkan menjadi sebuah terapi yang menyejukkan diri sendiri dan orang lain. Senyuman memang sesuatu yang hebat dan dahsyat. Senyuman yang penuh dengan ketenangan akan mampu meluluhkan kemarahan seseorang. Sebaiknya kita membiasakan diri untuk bersikap tenang dan murah senyum dalam bergaul. Bila kita mampu melaksanakan dengan apa yang diajarkan Rasulullah SAW maka permusuhan dan pertengkaran akan dapat ditekan.

Dunia akan menjadi indah dengan senyuman dan apa jadinya bila semua orang bermuka masam,dan selalu cemberut. Apalagi tersenyum itu murah dan dapat memberi makna bagi orang disekitar kita dalam keadaan apapun sebaiknya kita belajar tuk selalu tersenyum dengan tulus.

One thought on “Senyum itu indah

  1. sepakat.senyum tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri akan tetapi untuk orang lain juga..senyum adalah perbuatan yang kecil namun besar manfaatnya,mari budayakan senyum..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s