Bau Mulut Vs Bau Badan

Penampilan bisa sangat penting ketika seseorang ingin membangun kepercayaan diri. Tampil sempurna dihadapan orang banyak merupakan impian semua orang. Maka sudah sewajarnya jika orang lebih menomor satukan penampilan (luar), bukan begitu?

Tetapi tidak hanya penampilan saja yang penting tetapi menjaga agar penampilan kita tidak ternoda dengan bau mulut dan bau badan. Kedua hal ini harus sangat diperhatikan karena sangat menunjang penampilan kita untuk tampil lebih percaya diri. Karena percuma punya penampilan keren tetapi ketika didekati ternyata punya bau mulut atau bau badan. Wah….nilai kerennya pasti akan berkurang.

Masalah bau mulut adalah masalah yang cukup serius bagi sebagian orang yang aroma mulutnya sangat tajam menusuk hidung orang-orang yang berada di sekitarnya.

Bau mulut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang jadi tidak percaya diri (pede) dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan, dan lain sebagainya. Di samping itu bau mulut juga dapat ditimbulkan dari adanya lubang pada gigi, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi / karies, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda terjadinya bau mulut biasanya adalah akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti alir liur kental, mulut kering dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil inisiatif menjauh / mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang akan komplain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari mulut kita.

Sedang bau badan disebabkan seperti kurang menjaga kebersihan badan, jenis makanan yang dikonsumsi dan adanya ketegangan emosi. Sisa keringat yang tidak menguap yaitu yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin akan melekat pada badan, bila dibiarkan lama akan diuraikan oleh bakteri pada tempat tersebut sehingga menimbulkan bau badan yang menyengat. Jenis makanan yang tinggi kalori seperti makanan berlemak dan berprotein tinggi terutama jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan bau keringat yang kurang sedap. Jenis makanan tersebut dapat merangsang kelenjar mengeluarkan lebih banyak keringat dibandingkan dengan jenis makanan yang rendah kalori. Ketegangan yang memicu emosi negatif seperti kecemasan, gelisah, stres, dan kemarahan juga dapat mengaktifkan kelenjar keringat dan mempertajam aroma tubuh yang tak sedap.

untuk mengatasi bau lut dan bau badan adalah dengan cara-cara berikut.

Mengatasi Bau Mulut:

  • Gosok gigi minimal 2x sehari selama 2 menit.
  • Rawat gigi kita ke dokter gigi minimal dua kali setahun.
  • Minum air putih secukupnya.
  • Bersihkan lidah kita dari kuman.
  • Gunakan semprotan mulut penghilang bau (kalau perlu).
  • Rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut khusus untuk kumur.
  • Makan makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
  • Minum yogurt, makan vitamin c dengan dosis yang tepat.

Mengatasi Bau Badan:

  • Selalu menjaga kebersihan badan, dianjurkan untuk lebih sering mandi dan mengelap bagian tubuh yang sering mengeluarkan keringat. Sebaiknya rambut ketiak dibersihkan/dicukur agar tidak lembab dan memicu bau.
  • Ganti pakaian yang basah oleh keringat dengan pakaian yang kering dan bersih.
  • Hindari atau kurangi makanan yang memicu aroma tubuh yang kurang sedap.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang berserat dan rendah kalori seperti buah dan sayuran serta minum cukup air putih (8-12 gelas/hari).
  • Hindari emosi negatif dan usahakan untuk lebih santai.
  • Gunakan sabun mandi yang berkhasiat antibakteri.
  • Gunakan deodorant untuk menghilangkan bau badan.

Ada sebagian orang yang akan langsung menyadari jika ada yang tidak beres dengan bau mulut dan bau badan mereka. Namun, ternyata ada juga sebagian orang yang tidak sadar bahwa bau mulut dan bau badannya bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Sebaiknya mintalah pendapat yang jujur dari teman dekat tentang kondisi bau mulut dan bau badan, terutama setelah banyak beraktivitas. Dengan demikian, jika memang bau mulut dan bau badan bermasalah akan segera bisa diatasi.

berbagai sumber

One thought on “Bau Mulut Vs Bau Badan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s